Home / Berita / Internasional / Afrika / Siapakah Boko Haram Sebenarnya?

Siapakah Boko Haram Sebenarnya?

Boko Haram di Nigeria (sunnewsonline.com)
Boko Haram di Nigeria (sunnewsonline.com)

dakwatuna.com – Abuja. Beberapa pekan ini pemberitaan tentang Boko Haram cukup ramai di media internasional. Tetapnya setelah kasus penculikan lebih dari 200 pelajar putri yang dilakukan oleh kelompok ini. Sekali lagi Islam dan umat Islam tercoreng, karena mereka mengklaim memperjuangkan Islam dan umatnya yang tertindas di Nigeria.

Boko Haram tidaklah mewakili Islam atau umat Islam. Organisasi ini hanyalah bikinan pihak-pihak yang sedang melakukan konspirasi merusak persatuan Nigeria dan melemahkan wilayah utara secara politik, ekonomi, dan keamanan. Namun secara langsung juga berefek pada membuat buruk citra Islam di mata dunia.

Demikiaan dikatakan Daud Imram Malasa, seorang aktivis Islam dan ketua umum Organisasi Persatuan Muslimin Nigeria, dalam artikelnya yang dirilis oleh Islamion, Ahad (11/5/2014) yang lalu. Daud juga menantang media mainstream untuk berani mempublikasikan kejadian sebenarnya. Misalnya berkali-kali kepolisian menangkap beberapa anggota Boko Haram, ternyata kemudian diketahui beragama Kristen.

Penyokong dana Boko Haram, menurut Daud, juga adalah seorang jenderal purnawirawan bernama Jeremiah Useni. Dia adalah seorang agen beragama Kristen yang bekerja pada badan intelijen asing. Dia jugalah yang membela Muhammad Yusuf, pendiri Boko Haram sebelum meninggal. Kematian Yusuf juga banyak dinilai pengamat dan aktivis HAM sebagai sebuah konspirasi untuk menutupi rahasia Boko Haram yang sebenarnya. Yusuf mati terbunuh setelah menyerahkan diri kepada kepolisian.

Banyak pihak mengatakan bahwa ayah Yusuf adalah anggota organisasi radikal dan teroris, Maitatsine. Pemimpin organisasi ini juga mati terbunuh. Dia adalah seorang beragama Kristen yang memakai nama Islam. Organisasi ini telah membunuh ribuan umat Islam dan ratusan orang Kristen. Slogan yang dibawanya juga sama dengan Boko Haram, yaitu memperjuangkan diterapkannya Syariah Islam di Nigeria. Tapi kemudian publik mengetahui bahwa pemimpin organisasi ini adalah Mohammed Marwa. Dia adalah seorang beragama Kristen yang belajar Al-Qur’an dan beberapa ilmu Islam untuk melaksanakan agenda asing menghancurkan fenomena kebangkitan Islam di utara Nigeria. Peristiwa itu terjadi antara tahun 1970-1980 an.

Yang aneh, Boko Haram muncul setelah adanya deklarasi penerapan Syariah Islam di wilayah utara Nigeria dan kuatnya fenomena kebangkitan Islam. Saat itu banyak program charity dan pendidikan Islam baik berasal dari pemerintah maupun non pemerintah merebak luas di wilayah utara tersebut. Namun setelah kehadiran Boko Haram, semua itu hilang. Bahkan program penerapan Syariah juga terhenti. Ratusan sekolah Islam ditutup, demikian juga banyak yayasan Islam dibubarkan. Bahkan para aktivis dakwah Islam juga banyak yang ditangkap. Sebenarnya apa tujuan Boko Haram ini? (msa/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (46 votes, average: 8,17 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir
  • Indra

    dari awal juga saya tidak percaya kalo boko haram adalah seorang islam,apalagi dari statementnya yang mengatakan dia akan membunuh sandera untuk “dipersembahkan” kepada Allah.. sejak kapan Allah butuh persembahan?? begitu banyak fitnah yang ditujukan kepada islam dari hancurnya gedung wtc dll, tapi kan memang kebaikan tidak akan mati,satu persatu faktanya muncul untuk membuktikan agama Allah adalah rahmatan lil alamin (rahmat untuk semesta alam)

  • Nur Ali

    Allah yang berkuasa bukan mereka, dari jaman Nabi sudah ada fitnah dan upaya membenamkan Islam tapi ternyata tidak ada yang bisa merubah sekenario Allah. tapi walaupun demikian bukan berarti Islam tetap tegak di Nigeria kalau para pejuang dan umat Islam melempem. ya betul, Islam akan berjaya namun kalau pejuang setempat dan umat Islam melempem tdk menutup kemungkinan Islam akan hilang dari negara tersebut termasuk Indonesia. jadi tetaplah berjuang dari semua aspek Politik, ekonomi, pendidikan, budaya, dll

  • Ayin Damayanti

    Kabarnya organisasi bentukan konspirasi asing dan yahudi dan dilakukan untuk memperburuk citra Islam di mata internasional. Mereka ketakutan dengan kebangkitan Islam di berbagai negara, termasuk Eropa..Semoga umat muslim tetap bersatu, jangan mudah dicerai berai oleh kekuatan asing yang sengaja mengadu domba antar umat Islam ataupun Islam dengan agama lain…

  • Irkhamov

    Bagi yg paham Islam tentu mudah mengidentifikasi bahwa Boko Haram ini emang haram adanya alias merugikan umat Islam. Repotnya bagi muslim yg awam dan non-muslim pasti akan begitu saja percaya bahwa organisasi teroris ini adalah bagian dari Islam. Terima kasih dakwatuna atas klarifikasinya. Yang jelas kalo mrk bener2 muslim, tidak akan memakai cara2 pengecut seperti menyandera anak2 sekolah kek boko haram ini.

  • anti islam

    itu gak benar ada nya…..
    itu memang ulah para teroris yang notabene berasal dari muslim, gak bisa di percaya pengakuan itu karena memang selama ini jelas lah islam yang merusak dunia

Lihat Juga

Membentuk Karakter Pemimpin yang Islami Sejak Dini