Home / Berita / Nasional / FUI MUI Serukan Parpol Islam Bersatu Hadapi Pilpres

FUI MUI Serukan Parpol Islam Bersatu Hadapi Pilpres

Ilustrasi. (dakwatuna/hdn)
Ilustrasi. (dakwatuna/hdn)

dakwatuna.com – Jakarta. Forum Ukhuwah Islamiyah (FUI) Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyerukan agar partai-partai berbasis Islam dan massa Islam bersatu dalam sebuah koalisi untuk menghadapi Pilpres 2014.

“Kami mengetuk hati para pimpinan partai-partai Islam dan berbasis massa Islam agar menunaikan amanah dan tanggung jawab untuk memenuhi harapan konstituen Muslim, bagi adanya koalisi strategis partai-partai Islam dan berbasis massa Islam maupun dengan partai lain. Koalisi partai Islam dan berbasis massa Islam yang menentukan dalam menghadapi Pilpres 2014,” ujar Ketua Umum Tarbiyah Islamiyah, Basri Barmanda, saat membacakan seruan itu di Jakarta, Senin.

FUI MUI adalah gabungan dari 67 organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam di Tanah Air. Ormas ini juga mendorong partai-partai Islam dan berbasis massa Islam untuk mensyukuri perolehan suara yang cukup signifikan pada Pemilu Legislatif 2014.

“Partai-partai Islam dan berbasis massa Islam hendaknya mensyukuri anugerah dengan tidak mengabaikan dukungan, kepercayaan dan harapan para pemilih Muslim yang mendambakan penjelmaan nilai-nilai Islam dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Perolehan suara yang signifikan itu menunjukkan bahwa sebagian umat Islam memberi kepercayaan dan menaruh harapan bagi terwujudnya nilai-nilai Islam dalam perpolitikan nasional,” jelas dia.

FUI juga mendorong penyelenggara Pemilu untuk melakukan langkah-langkah benar, jujur, bersih, adil, bertanggung jawab dan transparan dalam mengawal dan melakukan perhitungan suara dari tingkat TPS hingga pusat.

Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin mengatakan membanjirnya aspirasi Umat Islam mengenai perlunya koalisi menjadi salah satu pendorong adanya seruan itu.
“Kami mengakomodir harapan dari masyarakat,” kata Din.

Koalisi Islam diperlukan untuk memanfaatkan suara yang berhasil diraih bisa menjadi kekuatan besar. “Kalau digabung bisa mencapai 32 persen,” jelas Din.

Meski sulit, Din optimis koalisi tersebut dapat terwujud. Umat Islam di Tanah Air, lanjut Din, menaruh harapan besar pada partai-partai Islam tersebut.

Terdapat lima partai yang bernafaskan dan berbasiskan massa Islam yang menjadi peserta Pemilu 2014, yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Sebelumnya, sejumlah tokoh Islam mengadakan pertemuan di Cikini, membahas kemungkinan terwujudnya koalisi Islam. (ROL/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

SNH: Lamban Tangani Kasus Penistaan, Polisi Diujung Tanduk