Home / Berita / Nasional / MUI: SBY Harus Bicarakan Pembantaian Muslim dengan Presiden Myanmar

MUI: SBY Harus Bicarakan Pembantaian Muslim dengan Presiden Myanmar

sby myanmardakwatuna.com – Jakarta. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan mengunjungi Myanmar pekan ini. Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun mendesak SBY memanfaatkan kunjungan tersebut untuk menolong Muslim Rohingya.

Ketua MUI Bidang Kerukunan Antar Umat Beragama Slamet Efendi Yusuf menjelaskan, kunjungan tersebut adalah momentum yang tepat untuk menolong kaum Muslim di Myanmar.

Menurutnya, muslim Rohingya telah mengalami diskriminasi yang dilakukan secara sistematis, terstruktur, dan massif yang berkepanjangan. Faktanya, terjadi pembantaian  yang dilakukan oleh pihak militer dan kalangan masyarakat tertentu di Myanmar sehingga muslim Rohingya kian terdesak

Menurut Slamet,  masalah ini bukan hanya mengerucut pada masalah agama lagi, namun lebih pada masalah HAM dan kemanusiaan.  “SBY bisa bicara langsung pada pemimpin Myanmar,” ujarnya, Senin (22/4).

Dia menjelaskan, SBY dapat berbicara kepada pemimpin di Myanmar agar bisa memberikan perlindungan pada kaum muslim di Rohingya. Kekerasan yang terjadi di Rohingya hanya bisa diselesaikan oleh peran government to government atau people to people.

“Ini merupakan tragedi kemanusiaan, dan SBY atas nama ASEAN harus bergerak,” ujarnya. Sebagai negara yang dituakan oleh negara ASEAN lain, ujarnya, pemimpin Indonesia harus  bisa mendesak pemimpin Myanmar sehingga bisa didengarkan dan menjadi pertimbangan. (rbs/asi/rol)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Advokat: Jika Gagal Lindungi Rohingya, ASEAN Bubarkan Saja