Home / Berita / Internasional / Asia / Turki: Israel Kembali Lakukan Aktivitas Ilegal

Turki: Israel Kembali Lakukan Aktivitas Ilegal

Proyek pembangunan pemukiman Israel (AFP/OZ)

dakwatuna.com – Ankara. Turki mengecam keras pembangunan dan pelegalan pos pemukiman Israel di wilayah Tepi Barat. Turki bahkan menyebut aktivitas Israel ilegal dan bertentangan dengan hukum internasional.

“Israel melanjutkan pembangunan pemukiman yang ilegal dengan tidak memperdulikan reaksi komunitas internasional. Tindakan ini cukup mengancam kelanjutan solusi dua negara untuk konflik Israel dan Palestina,” ujar Kementerian Luar Negeri Turki, seperti dikutip Today Zaman, Kamis (26/4/2012).

Turki bahkan mendesak komunitas internasional untuk terus mengecam pembangunan pemukiman yang dilakukan oleh Israel dan mendesak Negeri Yahudi itu agar memenuhi tanggung jawabnya terhadap hukum internasional, demi menghindari kehancuran dari proses perdamaian.

Palestina mengklaim seluruh wilayah Tepi Barat dan Yerusalem Timur sebagai wilayah negaranya. Namun Israel terus menerus melakukan legalisasi dan pembangunan di wilayah tersebut. Pembangunan pemukiman itu kerap dilakukan oleh Israel setelah Israel merebut Tepi Barat dan Yerusalem pada 1967 silam. Sekira 500 ribu warga Yahudi pun hidup di wilayah itu.

Beberapa hari yang lalu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu melegalkan tiga pos pemukiman di wilayah Bruchim, Sansana dan Rechelim. Tiga pos yang terletak di Tepi Barat secara jelas dinobatkan sebagai bangunan yang legal di “wilayah Israel.”

Palestina pun mengancam tidak akan melanjutkan proses dialog dengan Israel bila proyek pembangunan pemukiman itu masih dilanjutkan. Palestina juga sudah lelah dengan aktivitas-aktivitas Negeri Yahudi itu yang sangat menyulitkan warga Palestina. (AUL/OZ)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 9,33 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • larukutechan

    terkutuk israel

  • dasar israel gend*ng

Lihat Juga

Pengungsi Suriah kembali ke rumahnya di Jarabulus. (aa.tr.com)

Utara Suriah Bersih dari ISIS, 132 Pengungsi Suriah Kembali ke Rumah