Topic Archives: Ujian

Ujian yang Datang Beruntun Tanpa Henti, Mungkinkah Azab?

Ketika yang datang adalah ujian, maka tak lama setelah itu akan datang kemudahan atau nikmat yang tak terduga. Ketika kita berhasil menyelesaikan ujian tersebut, Allah akan menaikkan derajat kita dan memberikan balasan atas keberhasilan kita melewati ujian tersebut. Akan tetapi, bila yang datang adalah azab, maka pertolongan itu tidak akan pernah datang. Bahkan terus menerus datang kesulitan tanpa henti dan membuat kita semakin terpuruk. Naudzubillah. Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa diberi rahmat dan diberikan ujian sebagai tanda kasih sayang Allah atas hamba-hambaNya. Aamiin..

Baca selengkapnya »

Hidayah dari Ujian

Di sanalah titik balik hidupku, keluargaku. Kami perlahan bertaubat, mendekatkan diri pada Allah, memahami kembali ilmu agama. Kami bukan hanya tak ingin lagi kejadian sama terulang, tetapi lebih takut jika sama sekali dibiarkan Allah dalam kesesatan sampai akhir.

Baca selengkapnya »

Kisah dari Penderita Penyakit Lupus: Menemukan Kasih Sayang-Nya Lewat Ujian

Perkenalkan, nama saya Syafiah Sifa, PNS di sebuah kementerian di Jakarta. Syafiah Sifa dalam bahasa arab artinya penawar obat. Dua kata, satu makna. Untuk menyebuhkan. Dengan kata lain ‘Si Obat’ membutuhkan obat. Doa orang tua saya terpaut dalam nama harus bermakna beda karna sebuah penyakit bernama Lupus. Lupus atau Systemic Lupus Erythematosus merupakan sebuah penyakit auto imun. Penyakit ini disebabkan karena sistem kekebalan tubuh pada manusia mengalami kelainan.

Baca selengkapnya »

Ujian Takwa

Maka dari itu cintailah amalan lebih dari fadhilahnya, dan cintailah Dzat yang menganugerahkan lebih dibanding karuniaNya. Hingga kita siap meneladani Rasulullah yang berdiri munajat dalam shalat panjang hingga bengkak-bengkak kakinya, beristighfar tak kurang dari 100 kali sehari dengan linangan air mata . Padahal beliau adalah “Ma’shum” yang tiada berdosa, dan dijamin surga.

Baca selengkapnya »

“Dan Kami Menguji Kalian dengan Keburukan dan Kebaikan”

Apakah kita menunggu berbagai malapetaka datang, baru kita mau beranjak kepada-Nya. Tidakkah lebih baik kita ingat kepada-Nya sejak dalam keadaan lapang, agar Dia mengingat kita dalam kesempitan kita, bergegas kepada-Nya dalam sejak dalam keadaan senang, bukan baru bergegas kepada-Nya setelah tertimpa kesusahan, sehingga tak lagi berarti. Tidakkah cukup kenikmatan mengetuk kita untuk beranjak kepada-Nya? Apakah perlu menunggu datangnya berbagai cobaan seperti itu, baru mau peduli kepada agama ini, dakwah dan perjuangannya?

Baca selengkapnya »

Kusapa Duaja

Aku lafadzkan ‘‘Tawakkaltu ‘alallah’’. Dengan gurat senyumku menengadah tangan kepada-Mu. Kemudian kubisikkan “Kuatkan aku, rangkul aku, genggam aku, sabarkan aku, dalam indah isyarat hidup dari-Mu.. ya Allah”. Terima kasih untuk duaja kecintaan-Mu padaku

Baca selengkapnya »

Ya Rabb, Aku Galau

Kelebihan buku 170 halaman ini adalah diawali dengan prolog cerita dan diakhiri dengan epilog yang membahas tentang apa hikmah dari cerita, apa kaitannya dengan hukum agama, juga tips-tips mengatasi ujian hidup. Di akhir buku ini juga doa Rasulullah Saw ketika sedih dan galau. Cukup lengkap sebagai pelipur lara pembaca yang mengalami kegalauan yang sama ataupun beda dengan yang ada di cerita. Namun, intinya tetap sama yaitu ujian.

Baca selengkapnya »

Mengapa Aku Diuji?

Mengapa aku diuji? Pertanyaan yang selalu tak hentinya ditanyakan oleh mereka yang diberi ujian oleh Allah SWT. Padahal kau tahu mungkinkah kau termasuk manusia pilihan karena tidak semua manusia yang langsung mendapat tarbiyah Allah dengan cara yang tidak disangka dan tidak terduga. Karena itu jangan bersedih, yakinlah setiap ujian yang diberi Allah SWT adalah cara-Nya dalam mencintaimu.

Baca selengkapnya »
Organization