Topic Archives: Shalat

Suami Jarang Shalat, Apa yang Harus Saya Lakukan untuk Menyadarkannya?

Tahap pertama yang harus ibu lakukan adalah membangun hubungan yang erat, harmonis dan terbuka kepada suami, omelan, cacian dan marah yang berlebihan bisa jadi membuat dia tidak nyaman, bahkan mungkin bisa menimbulkan konflik yang lebih besar, coba bangun komunikasi yang terbuka, suportif, lemah lembut dan penuh kasih sayang, kalau suami sudah merasa nyaman dan komunikasi terbangun baik, insya Allah masukan dan keinginan ibu akan didengar.

Baca selengkapnya »

Shalat Gamang

Tiga cincin tauhid merupakan solusi dalam masalah ini: Islam, iman, dan ihsan. Utamanya di poin nomor tiga yaitu ihsan. Ihsan berarti menganggap diri ini sedang berhadapan dengan-Nya atau dilihat dan diperhatikan oleh-Nya Yang Maha Segala. Dengan menanamkan itu in shaa Allah akan menimbulkan perasaan yang penuh cinta pada “Ritual Gamang” kita. Selain ihsan, kita bisa mulai memahami arti dari bacaan shalat kita dan memaknainya, hal ini tentu akan membuat mulut kita bergidik karena ia tersambung dengan hati yang memaknainya.

Baca selengkapnya »

Menelisik Fakta Manfaat Gerakan Shalat untuk Kesehatan

Shalat bagi kita sebagai orang Islam tidaklah asing. Sebab shalat bagi kita diwajibkan sehari semalam untuk melakukannya sebanyak 5 kali yaitu shalat Isya, shubuh, luhur, ashar dan maghrib. Hal itu juga merupakan sebuah akronim dari kata ISLAM. Perintah shalat merupakan oleh-oleh Nabi Muhammad setelah melaksanakan perjalanan Isra Miraj. Pada awalnya umat Nabi Muhammad diperintahkan untuk melaksanakan shalat sehari semalam 50 kali. Setelah Nabi Muhammad meminta keringanan, akhirnya diputuskan menjadi 5 kali sehari semalam. Kita sebagai hamba Allah sudah semestinya perintah shalat itu tidaklah menjadi beban untuk kita. Namun hal itu seharusnya menjadi kebutuhan sebagai eksistensi hamba dalam bersyukur kepadaNya.

Baca selengkapnya »

Bisakah Shalat dan Dzikir Menaklukkan Lapar?

Gerakan shalat itu sendiri adalah gerakan fisiologis tubuh. Artinya, merupakan gerakan alamiah mengikuti bentuk anatomis tubuh. Walau begitu, penting untuk diingat, adalah keliru menjadikan tujuan relaksasi sebagai alasan melakukan shalat. Demikian halnya dengan dzikir – penelitian Herbert Benson menunjukkan bahwa kata-kata dzikir dapat menjadi salah satu frasa fokus (kata-kata yang menjadi titik perhatian) dalam proses relaksasi. Frasa fokus tersebut bila dikombinasikan dengan respons relaksasi, bukan hanya dapat mengikis penderitaan fisik, namun juga memunculkan efek yang lebih hebat, mampu membawa seseorang pada “kesejatian diri”, yang mencintai dan senantiasa ingin dicintai Sang Khaliq.

Baca selengkapnya »

Ayo Kita Shalat!

Shalat itu dapat mencegah perbuatan keji dan munkar, jika shalat kita dilakukan dengan benar dan penuh keikhlasan. Masih dikatakan belum sempurna ibadahnya jika kita rajin shalat, tetapi kelakuan kita masih begajulan tidak karuan. Begitupun yang terjadi sebaliknya. Masih dikatakan belum sempurna ibadahnya jika kita berkelakuan baik, tetapi tidak pernah shalat. “Ayo, kita shalat!”

Baca selengkapnya »

Antara Shalat dan Mahasiswa

Ketika ngumpul dengan teman kampus rasanya nikmat bisa tertawa, makan-makan hingga berbuat hal yang tidak sepatutnya dilakukan. Namun inilah juga berdampak buruk karena dengan kesenangan-kesenangan itu kita lupa akan yang namanya shalat. Sungguh hal yang memalukan di kalangan mahasiswa zaman sekarang ini mereka hanya mementingkan duniawi tidak untuk akhirat. Seakan akhirat tidak ada gunanya, malah di dunia ini hanya sementara yang kekal justru di akhirat.

Baca selengkapnya »

Berlarilah Rasyid, Gapailah Surga yang Allah Janjikan

Rasyid mungkin bukan siapa-siapa bagi anda. Dia seorang anak tetangga yang beberapa hari ini sedang bergembira karena kelahiran adik keduanya. Subuh itu… Imam hampir menyelesaikan surat yang dibacanya di rakaat kedua shalat Subuh, ketenangan shalatku di masjid depan rumah terusik dengan bunyi suara langkah kaki orang yang sedang berlari.. Ya, orang yang berlari dengan tergesa-gesa menuju masjid.

Baca selengkapnya »

Fatwa Para Ulama Tentang Shalat Tak Berpeci Baik Imam Atau Makmum

Apa yang difatwakan Syaikhul Islam ini, jika yang dimaksudkan adalah membuka kepala ketika ibadah adalah ketika shalat, maka pemakruhannya masih bisa didiskusikan lagi. Bagaimana mungkin makruh, jika tak satu pun hadits shahih tentang keutamaan dan anjurannya? Bahkan Nabi sendiri pernah shalat tanpa menutup kepalanya, walau Beliau lebih sering menggunakannya. Begitu pula membuka kepala ketika membaca Al-Quran dan berdzikir, tak ada pula riwayat yang menganjurkan tentang menutup kepala. Lebih tepat hal itu disebut sebagai adab yang baik dan mulia, paling tidak itu adalah sunnah.

Baca selengkapnya »