Topic Archives: puasa

Puasa dan Perbaikan Akhlak Bangsa

Kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan kali ini menjadi momentum yang sangat tepat untuk pembinaan mentalitas yang baik dan akhlak manusia Indonesia yang mulia. Apalagi, akhir-akhir ini bangsa kita dibuat resah dan kecewa dengan berbagai kasus kerusakan moral dan pikiran para remaja.

Baca selengkapnya »

Siang Puasa, Malam Jangan Puasin

Secara umum, berpuasa adalah momentum untuk melatih kita untuk mengontrol diri sendiri di setiap saat. Maka, nafsu harus selalu bisa kita kendalikan sebab kalau nafsu sudah menguasai diri dan merajalela, kerusakanlah yang akan terjadi. Orang-orang yang bisa mengontrol dirinya setiap saat itu disebut wara’. Ia selalu berhati-hati. Dan, ini adalah ciri-ciri orang bertakwa. Semoga kita termasuk orang yang layak mendapatkan kebahagiaan karena telah berpuasa dengan sungguh-sungguh.

Baca selengkapnya »

Puasanya Para Nabi Sebelum Rasulullah SAW

Bagaimanakah dengan tradisi puasa orang-orang Arab sebelum Islam datang? Ternyata mereka melakukan puasa di hari Asyura. Setelah Rasulullah datang ke Madinah, beliau melihat orang-orang yahudi sama berpuasa di hari Asyura yang dimaksudkan sebagai peringatan atas selamatnya Nabi Musa dari kejaran Firaun. Maka karena lebih berhak di dalam meneladani Nabi Musa, beliau berpuasa pada hari itu dan menyuruh para Sahabat berpuasa juga (Miftah Faridl, Puasa ibadah Kaya Makna, 2007, hal 19). Wallahu’allam bishowwab.

Baca selengkapnya »

Puasa Ramadhan dalam Tinjauan Neurosains

Amalan-amalan yang diperintahkan oleh Allah dan Rosul selama bulan ramadhan bila kita kerjakan setiap hari secara terus menerus dan iklhlas karena Allah maka itu akan membentuk paparan positif ke otak sehingga akan terbentuk sirkuit baru yang positif, terutama di daerah otak yang mengatur memori dan perilaku sehingga akan terbentuk perilaku yang bertakwa dan itu akan terus terjaga setelah ramadhan dan itulah tujuan kita berpuasa yakni menjadi hamba yang bertakwa.

Baca selengkapnya »

Saatnya Piknik, Pak JK!

Pak JK, tidakkah anda bahagia jika mengetahui bahwa suara yang pertama kali masuk ke telinga rakyat anda saat bangun dari tidurnya adalah lantunan kalimat Suci yang memberikan ketenangan bagi hati-hati mereka? Lantas kenapa anda menyebut kalimat suci nan agung itu sebagai polusi? Di situlah kadang saya berpikir, sepertinya anda butuh piknik.

Baca selengkapnya »

Puasa Siapakah yang Terbaik?

Dalam momentum Ramadhan, mari kita memperbaiki keislaman kita secara sungguh-sungguh. Alangkah celakanya kalau kita menjadikan Islam hanya untuk menambah identitas belaka. Padahal, agama Islam bukan hanya untuk menjadi penghias KTP. Tetapi, ketika menyatakan beragama Islam, ada harga yang harus kita bayar. Sebab Islam adalah jalan menuju Allah.

Baca selengkapnya »

Khasiat Kurma: Lebih Sehat Untuk Berbuka

Kurma mudah dicerna dan memulihkan pasokan energi bagi tubuh. Kalau kolak, kandungan lemak di dalam santan akan sulit dicerna. Sehingga dari sisi kesehatan, mengawali berbuka dengan kolak sangat tidak dianjurkan. Keunggulan lain, kurma adalah karbohidrat kompleks, berbeda dengan makanan manis pada umumnya. Berbuka dengan kurma tidak menyebabkan kadar gula darah melonjak naik.

Baca selengkapnya »

Ramadhan, Gigihlah dalam Mengetuk Pintu Surga

Di tingkatan yang paling tinggi inilah, kita melatih hati agar selalu ingat dengan Allah SWT. Detik demi detik kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk selalu ingat dan fokus dengan Allah SWT. Jauhkan pikiran-pikiran tentang hal-hal duniawi ataupun hal-hal yang membuat hati gundah gulana. Karena kita ingin mempunyai kesadaran yang tinggi tentang Allah SWT di setiap saat yang kita miliki.

Baca selengkapnya »
Organization