Topic Archives: Persatuan

Keberagaman untuk Bersatu

Sudah saatnya bagi kita, untuk berlapang dada dibarengi dengan kesadaran dan kejujuran untuk saling menghormati. Keragaman agama, budaya, etnis, ideologi menjadi suatu hal yang lebih berwarna dalam kehidupan umat manusia, maka bersikap arif dan bijaksana dalam menghadapi perbedaan, alangkah lebih baik bagi kita untuk saling menghormati daripada saling memaksakan. 

Baca selengkapnya »

Gotong Royong Sarana Mempersatukan Kehidupan Bermasyarakat

Inti dari semua itu adalah jika kita mengharapkan kehidupan yang harmonis dan damai dalam hal berkehidupan di masyarakat maka peliharalah semangat gotong royong, jangan sampai mengikis karena jika semangat gotong royong sudah tidak lagi hadir di tengah-tengah kehidupan kita maka persaudaraan kita akan semakin jauh, karena dengan semangat itulah kita bisa bersatu sebagai ciri khas daerah yang aman dan damai.

Baca selengkapnya »

Bersatulah, Indonesia!

Penulis ingin mengambil hikmah untuk kebaikan bangsa Indonesia ke depan bahwa salah satu cara menciptakan kesatuan dan persatuan itu adalah dengan mengadakan satu lawan bersama (common enemy). Seperti selayaknya manusia menjadikan setan sebagai musuh bersama untuk mengerjakan ketaatan. Seperti dahulu ketika bangsa ini bersatu menjadikan penjajahan di negara ini satu lawan bersama untuk merebut kemerdekaan.

Baca selengkapnya »

Mengembalikan Otoritas Allah SWT di Muka Bumi

Umat Islam bisa mengembalikan otoritas Allah di muka bumi, jika kita bersatu dengan membangun titik temu di tengah perbedaan yang ada. Salah satu kunci dari membangun titik temu ini adalah dengan cara membangun kontruksi berpikir yang positif. Meningkatkan pemahaman umat Islam untuk memahami Islam secara “kaffah” dan menjalani Islam secara “syumul”. Sehingga indahnya nilai ajaran Islam bisa tercermin dari perilaku umatnya.

Baca selengkapnya »

Kita Perlu Sense of Unity

Sungguh, agama Islam telah hadir dengan tuntunannya yang menyeluruh. Termasuk dalam hal persaudaraan dan persahabatan. Itulah yang mendasari saya menulis sebuah buku dengan judul CAHAYA UNTUK PERSAHABATAN, saya berharap dengan tersebarnya buku ini kita kembali mengingat sempurnanya Islam menuntun kita. Bila tuntunan dalam persahabatan ini kita amalkan dengan serius, terbentuklah persatuan yang kokoh. Dijamin. Contohnya sudah ada, yaitu generasi sahabat-sahabat Rasulullah saw yang mulia.

Baca selengkapnya »

Memaknai Puasa Ramadhan sebagai Tarbiyah Persatuan Umat

Bagi mereka yang ingin mendapat pahala lebih, Allah SWT memberikan ganjran yang sama dengan orang berpuasa lain apabila seseorang menyediakan bukaan bagi saudaranya yang berpusa dan sejalan dengan apa yang Rasulullah SAW lakukan dengan memperbanyak bersedekah di bulan Ramadhan. Tidakkah ini adalah tarbiyah dari Allah SWT dan tausiyah bagi setiap muslim untuk memupuk rasa persatuan dengan mempererat ikatan hati di antara sesama muslim.

Baca selengkapnya »

United We Stand, Divided We Fall: Masa Depan Indonesia

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus kuat menjaga budaya bangsa adalah kunci utama tidak tenggelamnya bangsa Indonesia dari berlangsungnya pasar dunia. Sebuah budaya yang memperjelas siapa Kita. Dengan itu semua Kita tidak akan membunuh satu sama lain di antara Kita, menjadi bangsa yang tidak bisa diadu domba, menjadi bangsa yang kokoh berdiri di atas kaki kita sendiri, media tidak lagi menjadi sumber berita sampah dan fitnah, pemerintah tidak lagi menjadikan BBM sebagai alat politik dan mempermainkan hukum Negara untuk melindungi kepentingan sendiri dan kelompoknya Dengan demikian Kita tak perlu lagi senjata dalam menegakkan hukum, kita hanya butuh tegaknya etika, moral dan hukum.

Baca selengkapnya »