Topic
Home / Narasi Islam / Sosial / Mengembalikan Otoritas Allah SWT di Muka Bumi

Mengembalikan Otoritas Allah SWT di Muka Bumi

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (inet)
Ilustrasi. (inet)

dakwatuna.com – Bumi, langit, dan segala macam hal yang ada di dalamnya diciptakan oleh Allah. Dia adalah Tuhan yang mempunyai kekuasaan terhadap alam ini. Allah mempunyai kerajaan di langit dan bumi, semua tidak ada yang luput dari pantauan-Nya.

Saat ini seolah bumi dan segala macam isinya dikuasai oleh manusia. Manusia-manusia yang rakus, berlomba-lomba untuk mendapatkan kesuksesan dunia semata, semua cara dilakukan hanya untuk memenuhi hasrat pribadi dan kepentingan kelompok. Tidak jarang mengakibatkan kerugian bagi manusia lain tetapi juga kerusakan bagi alam. Seolah-olah manusia merampas otoritas Allah di muka bumi ini.

Pemimpin-pemimpin yang jauh dari ketaatan kepada Allah, memimpin dan merajai berbagai belahan wilayah di muka bumi. Aturan yang dipakai pun tidak berdasarkan aturan Allah. Manusia berusaha mengatur sendiri kehidupannya, dengan aturan yang sesuai dengan logika manusia.

Umat Islam pun belum mampu menunjukan taringnya. Umat Islam terpecah-belah menjadi beberapa bagian, di mana yang satu terkadang tidak sejalan dengan yang lain, hal ini membuat kesatuan umat Islam sulit tercapai. Satu kelompok menganggap kelompoknya lebih unggul dibanding yang lain dan tidak jarang ada kelompok yang suka mengkafirkan kelompok lainnya.

Umat Islam bisa mengembalikan otoritas Allah di muka bumi, jika kita bersatu dengan membangun titik temu di tengah perbedaan yang ada. Salah satu kunci dari membangun titik temu ini adalah dengan cara membangun kontruksi berpikir yang positif. Meningkatkan pemahaman umat Islam untuk memahami Islam secara “kaffah” dan menjalani Islam secara “syumul”. Sehingga indahnya nilai ajaran Islam bisa tercermin dari perilaku umatnya.

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Mahasiswi Ilmu Kesejahteraan Sosial UI angkatan 2012. Suka melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pengabdian masyarakat. Peserta Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta, angkatan VII.

Lihat Juga

Sebuah Nasihat Ibnu Qayyim Al-Jauziyah

Figure
Organization