Topic Archives: Perjuangan

Inspirasi dari Gunung

Kita tidak sedang memegang gambar yang berbeda. Kita memegang gambar yang sama, dan akan menjadi utuh dengan menyatukannya. Kita harus saling melengkapi, merangkai gambar dan menjadikannya sebagai cerita yang sempurna. Kita sama-sama sedang mengerjakan sesuatu, yang berpangkal dari dan berujung dengan kebaikan. Memang berbeda, ada yang kecil perannya, ada yang besar porsinya. Pasti tidak sama, dan tidak akan pernah sama. Karena memang tidak harus sama.

Baca selengkapnya »

16 Jam Mencari Bahagia

Perjalanan disana sudah mulai mendekati tujuan saya yakni ITB. Uniknya Bandung, walaupun hanya mengandalkan papan hijau bernama, kita bisa mencapai tujuan kita dengan mudah. Dengan sangat semangat saya terus mengayuh sepeda berbalapan dengan para pengendara motor disana. Dan banzai, akhirnya saya bisa touchdown di ITB pukul 21.30 WIB. Dari sini saya belajar banyak sekali nilai-nilai kehidupan yang bisa terus membuat diri mengembangkan kapasitas. Tunggu episode keduanya.

Baca selengkapnya »

Persiapan Juang

Sudah menjadi tugas seorang muslim untuk selalu mendakwahkan islam itu sendiri. Sama seperti kaum muslim yang ingin berdakwah, pihak-pihak yang memusuhi kaum muslim pun juga berusaha untuk men-‘dakwah’-kah jalan yang mereka anut. Oleh karena itu pertempuran itu nyata berada di depan mata kita. Hanya ada dua blok dalam hal ini yaitu blok yang mendakwahkan islam (kebenaran) dan blok yang mendakwahkan kemungkaran. Jika ada yang berpikir tentang blok ketiga atau blok netral adalah bagian dari kemungkaran. Karena sejatinya kebenaran adalah satu yaitu kebenaran dari Allah SWT.

Baca selengkapnya »

Teman Berjuang

Berangkatlah bersama teman. Sebagaimana kita tercipta dalam fitrah kebersamaan, saling membutuhkan satu sama lain. Karena luas surga tak hanya untuk seorang diri. Begitu pula pahala berlipat ganda tanpa sedikitpun terkurangi, darimu atau darinya. Tataplah musuh bersama tatapannya, kejarlah kemuliaan bersama larinya. Lalu ingat apa yang ia perbuat kepadamu dari kebaikan, kemudian lupakan khilaf salah dari dirinya, karena teguh prinsip kita adalah saling melengkapi.

Baca selengkapnya »

Buanglah ‘Lelah’ Pada Tempatnya!

Jangan sia-siakan waktu yang diberikan Tuhan. Buat sedetikpun waktu yang dilalui agar berkualitas, bahkan saat istirahatpun usahakan agar membuahkan hasil yang bermanfaat . Sambil menunjuk ke atas langit ia berkata “Dari sanalah semua rezeki diturunkan, maka panjatkan keinginan kita setinggi itu. Jangan lupa usaha keras buat mengambilnya”. Jika ‘lelah’ dibuang ‘pada tempatnya’ maka semangat akan tertata rapih dan tersedia sesuai porsinya. Sambil tersenyum ia membalas jabat tangan, berpisah di bawah senja langit kota Depok.

Baca selengkapnya »

Kembara Perjuangan

Inilah kembara perjuangan para pejuang Islam di bumi Indonesia tercinta. Perdebatan, hinaan, hingga disikut lawan; sudah menjadi makanan sehari-hari. Tapi itulah perjuangan yang akhirnya menyuarakan suara Islam sebagai penduduk mayoritas. Yang membentuk masyarakat Indonesia menjadi insan berakhlak dan berpengetahuan. Tanpa cita dan asa kuat seperti itu, dakwah insan di bumi Indonesia akan semakin bias dan utopis.

Baca selengkapnya »

Memperjuangkan Nilai Islam

Dari sinilah peran kepemimpinan surgawi seharusnya menuliskan narasinya sendiri. Sebuah narasi kepemimpinan surgawi, dari karakter nilai islam yang mencintai perdamaian. Bahwa Al-Quran, tidak pernah secara definitif menjelaskan bentuk negara, dan pemerintahan. Karena bentuk negara dan pemerintahan selalu berubah, mengikuti perkembangan konteks ruang dan waktu. Melalui pendekatan apa kita berjuang, Allah beri keleluasaan. Dan kita bebas memilih.

Baca selengkapnya »
Organization