Topic Archives: Peradaban

Kebodohan bagi Sebuah Peradaban

Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat vital bagi upaya pemberantasan kebodohan dan peningkatan kecerdasan masyarakat muslim. Sarana-sarana pendidikan bagi masyarakat seluas-luasnya harus diupayakan dengan serius, karena kebodohan akan melahirkan sejumlah permasalahan lain yang sangat serius. Tidak terbayangkan sebuah bangsa akan bisa berwibawa dan mencapai puncak peradaban jika dihadapkan pada permasalahan kebodohan mayoritas penduduk

Baca selengkapnya »

Gerakan, Negara, dan Peradaban

Jika misi Islam adalah menegakkan peradaban yang menjadi induk peradaban dunia maka memang tidak bisa hanya diemban oleh sebuah negara kecil saja. Karena negara islam adalah sebuah negara risalah yang sasarannya seluruh umat manusia yang ada di bumi yang pertumbuhannya mengikuti perluasan jejak kaki manusia di dunia ini.

Baca selengkapnya »

Pengubah Peradaban itu Bernama Televisi

Ilustrasi - Televisi.

Problem-problem yang muncul dalam media televisi pada saat-saat akhir era Orde Baru lebih menunjukkan dinamika media yang telah menjadi instrumen industri kapitalis. Apa dan bagaimana acara-acara yang mesti diproduksi dan ditayangkan televisi lebih ditentukan berdasarkan korelasinya dengan permintaan pengiklan dan apa yang diklaim sebagai "selera khalayak". Namun, para pengelola televisi ternyata kerepotan dalam merespons tuntutan-tuntutan media televisi yang telah menjadi entitas komersial itu.

Baca selengkapnya »

Core Competence di Bidang Hukum Dalam Membangun Peradaban Islam

Umat Islam di Indonesia masih sangat membutuhkan banyak ahli-ahli hukum yang bukan hanya memahami hukum di Indonesia maupun hukum Islam saja. Namun juga menyandarkan keilmuan mereka kepada keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Agar dari core competence mereka itulah lahir produk Undang-undang, pengaturan serta ketetapan hukum yang bernafaskan Islam, yang berpelurus dengan syariat Allah dan mendekatkan manusia kepada Allah SWT.

Baca selengkapnya »

Tiga Modal Membangun Peradaban

Semoga kita senantiasa tak kenal lelah untuk mengoptimalkan segala potensi yang kita miliki untuk menjadi bagian dalam proses membangun peradaban yang gemilang. Jangan sampai kita hanya menjadi penonton dalam lahirnya kegemilangan. Kita selayaknya menjadi bagian yang senantiasa memberikan apa yang kita miliki untuk membangun peradaban. Mungkin kita tak sempat menyaksikan kemegahan dan kegemilangan peradaban yang kelak akan berdiri kokoh di negeri ini. Namun cukuplah kita menjadi leluhur yang kelak akan dikenang sebagai pejuang dan sebagai leluhur yang di banggakan oleh anak cucu kita Insya Allah.

Baca selengkapnya »

Mencetak Profil-Profil Qurani Pendobrak Peradaban

Bagaimana mau membangun peradaban jika tidak berkontribusi membangun masyarakat atau lingkungan sekitar? Bagaimana mau membangun masyarakat sekitar jika tidak membangun keluarga dengan profil Qurani seperti apa yang dicita-citakan? Bagaimana mau membangun keluarga Qurani jika tidak membangun diri sebagai pemuda dengan profil Qurani? Tulisan ini merupakan autokritik sekaligus motivasi untuk kita semua. Jika Al-Quran hidup di hati kita, maka segalanya akan terasa indah.

Baca selengkapnya »

Kemaksiatan Biang Kehancuran Peradaban

Betapa banyak peradaban besar yang binasa dikarenakan dekadensi moral sudah menjadi budaya. Kaum Samud, kaum Aad, dan bangsa-bangsa besar lainnya yang harus rela kehilangan kejayaannya disebabkan mereka membiarkan bibit kemaksiatan tumbuh. Oleh sebab itu, teguhlah kita dalam menjaga larangan-larangan Allah kepada anak-anak kita dan orang-orang yang dalam wewenang kita. Sebagaimana mereka ‘bersabar’ untuk mendapat izin dari kita untuk bermaksiat maka kita pun akan bersabar untuk mencegah mereka agar tidak melanggar larangan-larangan Allah tersebut.

Baca selengkapnya »

Untukmu Mahasiswa, Berpikirlah untuk Peradaban Madani!

Mahasiswa yang berpikir peradaban bukanlah mahasiswa biasa yang hanya beridentitas mahasiswa kupu-kupu alias kuliah pulang-kuliah pulang. Tapi ia yang bersemangat meluangkan waktunya untuk mengikuti kajian keislaman untuk membentuk kepribadiannya menjadi pribadi yang tangguh dengan keimanan dan mengikuti setiap agenda sosial untuk mengasah daya analisisnya terhadap lingkungan untuk mengetahui masalah apa yang terjadi dan bagaimana cara penyelesaiannya.

Baca selengkapnya »

Begitulah Mereka, Perintis Peradaban

Siapa mereka? Bagaimana mereka? Dan Untuk apa mereka bekerja? Sejauh ini sirkulasi sejarah berbicara dan memberikan kesimpulannya. Setiap peradaban, negara dan peristiwa raksasa selalu bermula dari perintis-perintis yang sebagian namanya membumbung tinggi, dan sebagiannya lagi tetap bekerja. Dalam diam, senyap, tanpa iringan tepuk tangan, tanpa riuh sorak sorai, tanpa berharap pujian, bahkan tanpa berharap balasan.

Baca selengkapnya »