Topic Archives: Pemberantasan Korupsi

Pendidikan Antikorupsi, Kajian Antikorupsi Teori dan Praktik

Buku Pendidikan Antikorupsi : Kajian Antikorupsi Teori dan Praktik merupakan wujud dari keprihatinan penulis terhadap merebaknya kasus korupsi di Indonesia. Buku ini tergagas dari kerja sama Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang meluncurkan program “Indonesia Menggagas dan Menerbitkan Buku Melawan Korupsi (Membumi)”. Dengan terbitnya buku ini diharapkan menambah wawasan referensi pembaca dalam memberantas korupsi. Buku ini juga dapat menjadi sumber pengetahuan bagi pembaca tentang seluk-beluk dan praktik tindak korupsi.

Baca selengkapnya »

Islamisasi Diri Sebagai Bentuk Pertahanan Terhadap Tindak Pidana Korupsi

Tindak pidana korupsi sendiri dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri sendiri, seperti self control dan salah satunya adalah prinsip. Faktor eksternal sendiri merupakan faktor yang berasal dari lingkungan luar diantaranya adalah sanksi tegas, sistem yang bagus, dan transparasi. Bila seorang muslim sudah menginternalisasi dirinya dengan jiwa keislaman dan ideologi islamnya maka kesempatan untuk berbuat korupsi pun semakin kecil, karena faktor internal memiliki impact lebih besar dibandingkan faktor eksternal.

Baca selengkapnya »

Aktualisasi Diri Menjadi Pribadi Anti Korupsi

Empat kontrol yang perlu kita optimalkan sebagai upaya aktualisasi diri anti korupsi adalah kontrol dari dalam diri, kontrol sosial, kontrol manajerial dan kontrol transenden. Sehingga bila semuanya mampu membatasi untuk tidak berlaku korupsi maka akan terwujudlah pribadi dan masyarakat yang sejahtera serta bermartabat. Dengan jargon terwujudnya (بلدة طيّبة وربّ غفور) Negeri yang baik, dan Tuhan yang Maha Pengampun.

Baca selengkapnya »

Prajurit Abu Ubaidah dan Koruptor di Indonesia

Korupsi memang harus dihapuskan. Hal ini hanya akan terjadi jika masyarakat sudah kembali memegang teguh Al-Quran dan sunah serta menerapkan Islam sebagai hukum dan panduan hidup sehari-hari. Jika syariat sudah ditegakkan, masihkah ada orang yang melakukan korupsi walaupun hanya satu rupiah saja? Shahibul Muslimin, mari kita jadikan Al-Quran dan sunah sebagai pedoman hidup sehari-hari agar kita merasakan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Baca selengkapnya »
Organization