Topic Archives: Media Sosial

Presiden Media Sosial

Saling mengenal artinya banyak sekali bahkan milyaran akun media sosial yang tercipta setiap detiknya. Perlunya pengenalan dalam rangka menyamakan presepsi dan tujuan dari hakikat perjalinan pertemanan dimanapun, kapanpun. Saling memahami bisa didefinisikan sebagai rasa saling mengingatkan satu sama lainnya, bahwa kehidupan akan linier dan seimbang bilamana adanya rasa itu. Ketika ada membuat ajakan provokatif, memecah belah, yang lainnya menjadi alat pendingin. Ada api, pasti ada yang memerciknya. Dan rasa saling membebani bahwa kita hidup sebagai manusia, punya siklus yang sama. Saling meringankan satu dengan yang lain. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing.

Baca selengkapnya »

Karena Bingkai Kita Adalah Media Sosial

Karena tak memiliki bingkai maka sosial media yang menjadi bingkainya, karena bingkaimu adalah media sosial. Ibarat sapi yang datang masuk ke sebuah ladang untuk memakan rumput, maka mereka yang memiliki bingkai yang jelas akan turut berkontribusi, memberikan solusi bagaimana tindakan agar sapi tersebut selamat dan ladang juga selamat, win-win solution. Beda dengan mereka yang tak memiliki bingkai, mungkin saja mereka akan membiarkan sapi melahap rumput yang berada di ladang sehingga kerusakan yang terjadi, diam tak berarti. Malah mungkin mereka yang tak memiliki bingkai ini, atau sebut saja mereka punya bingkai media sosial ini hanya asyik meng-upload foto atau kejadiannya, lalu sibuk berkomentar sinis tanpa kerja nyata.

Baca selengkapnya »

Anak-Anak di Era Digital dan Media Sosial

gadget

Peranan orang tua dalam mengawasi anak-anak saat bermedia sosial atau menggunakan gadgetnya sangatlah penting. Orang tua harus siap mendampingi anak-anaknya untuk mengarahkan cara bermedia social yang positif. Pengawasan ini juga menjadi bentuk tanggung jawab orang tua agar anak-anak tidak salah langkah atau bahkan mencari tahu hal-hal yang tidak layak dikonsumsi. Selain pengawasan yang ketat, orang tua juga bisa memasang pengamanan dalam media bersosial. Saat ini sudah banyak aplikasi khusus yang diperuntukkan orang tua dalam mengawasi anak-anaknya.

Baca selengkapnya »

Media Sosial VS Alquran

Dengan hadirnya smartphone, Android atau flatform lainnya membuat orang semakin mudah untuk mengakses media sosial, dimana saja dan kapan saja. Banyaknya waktu yang dihabiskan untuk mengakses media sosial berbanding lurus dengan waktu yang dihabiskan untuk berinterkasi dengan Alquran?

Baca selengkapnya »

Akibat Media Sosial, Ukhti Semakin Jauh dengan Allah

Bisa jadi kau suka dengan status kamu yang bernuansa islami, foto profil kamu yang berlatar belakang lafadz tauhid, tetapi apakah kamu tahu apabila Allah tidak menyukainya akibat niat kamu yang tidak Allah suka. Sesuatu itu berasal dari niat, apabila niat masang foto profil untuk dipuji “Subhanallah Ukhti”. Maka kau akan semakin jauh dengan Allah. Oleh karena itu, pandai-pandailah menggunakan pisau yang tajam. Maksudnya adalah sekarang ini zaman semakin maju, semakin modern bila kamu tidak pandai mengendalikan zaman maka zamanlah yang akan mengendalikan kamu

Baca selengkapnya »

Berhala Media Sosial

Kiblatku adalah nafsumu, sementara banyaknya waktu yang kau habiskan bersamaku adalah zakat, infak, dan sedekah bagiku. Aku terus bertambah kuat, bertambah hebat, bertambah besar pengaruhnya terhadapmu manakala kau semakin mencintaiku. Aku lah berhala itu, Berhala yang tak mudah kau hancurkan seperti Ibrahim as menghancurkan moyangku dulu. Virtual, tak mampu kau pegang, pun tak sanggup kau lawan hasutanku kecuali dengan iman.

Baca selengkapnya »
Organization