Topic Archives: Korupsi

Memahami KKN, Wajah Fenomena Dulu dan Kini

Sejak bangku SMP sampai SMA, kita dijejali fakta umum bahwa perpecahan Kerajaan Mataram diakibatkan oleh intervensi VOC. Tapi tahukah kalian, perpecahan internal tidak lepas akibat dorongan dari para bangsawan untuk memperkaya diri beserta sanak keluarganya. Korupsi pada masa kerajaan masih didominasi oleh kalangan pemegang kekuasaan dan saat itu segalanya terpusat pada keputusan Raja, maka korupsi di tingkat pamong bawah dilakukan melalui “penyunatan” pajak atau upeti. Hal tersebut terjadi karena tidak adanya pengawasan dan standar baku terkait besaran pajak/ upeti.

Baca selengkapnya »

Dari Pengamen Aku Belajar

Aku berpikir, ternyata orang seperti ini masih memikirkan nasib bangsa juga ya. Ternyata kita perlu merubah mindset, benar bahwa kita tidak boleh menghakimi orang hanya karena penampilan, terlalu dini, terlalu sempit berpikirnya. Meskipun orang itu tadi ada tidak sopannya, ada yang tidak baik dalam dirinya, tetap saja ada yang bisa kita ambil pelajaran darinya. Layaknya kata mahatma gandhi,”Bahkan dari seorang bayi pun aku belajar”. Dan benar kata orang itu, bahwa di negara kita ini banyak hal yang harus dibenahi, banyak hal yang menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua, tanpa melupakan bahwa bangsa ini memiliki banyak pula kebaikan, termasuk keadilan.

Baca selengkapnya »

SDA, Korupsi Menohok Umat, dan Kedewasaan Kita

Untuk kesekian kalinya, umat ini harus menerima kenyataan pahit, terseret dalam pusaran suatu kasus. Untuk kesekian kalinya, umat ini harus kehilangan elemen potensial yang dimilikinya. Sejak kasus zaman Ya Muallim, Buloggate, kasus impor daging sapi, hingga kasus korupsi yang sedang menimpa Bupati Bogor Rachmat Yasin dan Menteri Agama Suryadharma Ali.

Baca selengkapnya »

Perselingkuhan Korup dan Membuka Jalan untuk Mengorupsi Pendidikan

Jika perselingkuhan korup terus dibiarkan, maka tepat kiranya rezim korup untuk disematkan pada siapa pun penguasa negeri ini. Pengalaman tumbangnya rezim Hosni Mubarak di Mesir dapat digunakan untuk berkaca. Berkaca bagi para penikmat bisnis kotor uang rakyat. Rakyat tidak selamanya diam, kelak rakyat akan membuktikan dirinya adalah pemimpin sesungguhnya. Tapi, haruskah menunggu rakyat menggulingkan rezim secara paksa?

Baca selengkapnya »

Korupsi dan Kejahatan Kemanusiaan

Saat ini korupsi tidak lagi dipandang sebagai kejahatan biasa melainkan sudah menjadi extraordinary crime. Di sisi lain korupsi juga dianggap sebagai kejahatan melawan kemanusiaan (crime against humanity), di mana kejahatan kemanusiaan merupakan pelanggaran berat HAM yang ingin dilenyapkan oleh seluruh bangsa yang beradab di dunia ini.

Baca selengkapnya »

Jauhi Sifat Tamak Terlebih Dahulu

Saya rasa siapapun itu baik kalangan pejabat maupun penegak hukum apabila sifat tamak pada diri seseorang dihilangkan maka, makmurlah Indonesia kita sekarang ini. Untuk membuang sifat tamak tersebut adalah dengan banyak ingat kematian dan bersyukur dengan melihat orang yang lebih rendah derajat keduniaannya dari kita. Insya Allah hidup menjadi tenteram.

Baca selengkapnya »
Organization