Topic Archives: Kematian

Menjemput Baiknya Kematian

Semoga dimanapun kita berada, Allah senantiasa menunjukkan hati-hati kita pada jalan kebenaran dan selalu membimbing langkah-langkah kita pada perbuatan-perbuatan yang baik dan bermanfaat. Karena sungguh kematian tidak pernah mengenal waktu, ia datang di saat ia harus datang tanpa dapat ditunda atau dipercepat barang sepersekian detikpun. Kita memang tidak bisa memilih kapan waktunya, tapi kita bisa menentukan akan mati dalam kondisi seperti apa. Kita diberi kesempatan oleh Allah, untuk bisa menjemput baiknya kematian. Wallahu a’lam, semoga kita bisa senantiasa berada dalam lindungan dan kasih sayang-Nya.

Baca selengkapnya »

Tidur Miniatur Kematian

Begitulah sebenarnya kematian yang ternyata begitu dekat dengan perjalanan harian hidup manusia. Secara garis besar, kehidupan manusia di dunia hanya berisi 2 aktivitas utama yaitu; aktivitas tidur dan aktivitas bangun. Ternyata kedua aktivitas tersebut dalam paradigma ayat al-Qur’an dan doa yang diajarkan Rasulullah adalah aktivitas mati dan aktivitas hidup. Maka sesungguhnya setiap hari, manusia berada pada pusaran kehidupan dan kematian terus-menerus hingga pada saatnya ada kematian hakiki yang mendatanginya. Tidur yang sehari-hari kita jalankan adalah miniatur dari kematian yang pasti akan menjemput. Semoga kita semakin banyak mengingat kematian pada saat kita hendak tidur… Wallahu a’lam.

Baca selengkapnya »

Tadabbur Al-Quran Surat Al-Qiyamah Ayat 37-40: Kebangkitan Setelah Kematian

Salah satu hal yang wajib kita imani adalah adanya kebangkitan setelah kematian. Orang-orang kafir tak kunjung beriman soal kebangkitan itu. Pola pikir mereka, "apakah mungkin setelah tubuh manusia ditanam dalam perut bumi manusia akan dikembalikan?" Bagaimana manusia diciptakan dan bagaimana pula manusia kelak dibangkitkan? Mari kita tadabburi firman Allah SWT berikut ini.

Baca selengkapnya »

Bila Esok Meninggal

Kematian tidak pernah memandang status sosial, tidak pernah memandang umur, tidak akan memandang ras atau apapun. Kematian hakikatnya dapat mengenai siapa saja yang telah Allah tetapkan, bagi yang kaya raya atau yang jelata, pengemis hingga orang-orang terhormat, laki-laki maupun perempuan semua jiwa pasti dekat dengan kematian. Allah telah memberi masing-masing dari kita jatah waktu untuk mengumpulkan perbekalan, sedangkan jatah umur itu tiap hari terus-menerus berkurang, lalu apa saja yang telah kita lakukan selama ini? Sudahkah kita lakukan sesuatu yang berguna, yang paling tidak dapat menyelamatkan diri kita sendiri?

Baca selengkapnya »

Dari Kematian, Kita Tentukan Akhir Kehidupan

Maka semulia apa pun hati ataupun kedudukan yang terancang dan tercitra di hadapan manusia, harapan akan pertolongan pada keistiqomahan ta’at dan iman haruslah senantiasa ditujukan pada Allah ‘Azza wa Jalla. Dialah yang menggenggam setiap jiwa dan Dialah yang menentukan segalanya. Allahu Robbi, sebanyak doa baik pada hari ini dan istighfar penuh mohon ampunan yang tercurah, moga terijabah dan menjadi bekal terindah di akhir kehidupan nanti.

Baca selengkapnya »

Berbenahlah, Sebelum Kematian Mendatangimu

Selama nafas masih bisa berhembus dan sebelum hari penghisaban itu datang, segeralah hisab dirimu. Dan mulailah berbenah, walaupun itu terasa berat bagimu. Waktu tidak akan kembali, tapi hidayah bisa datang kembali. Allah maha pengampun. Dia akan memberikan kesempatan kepada hamba-hambanya yang benar-benar mau bertaubat. Tidak ada kata terlambat dalam kamus perjalanan hidup menuju kebaikan. Bersucilah, bersujudlah, sebut nama Allah dalam hatimu dan serahkan semua urusanmu kepadaNya. Semoga engkau mendapat hidayah

Baca selengkapnya »

Karena Anda Sedang Divonis Mati

Allah perintahkan kita untuk terus berbekal taqwa. Agar ketika tamu yang yang diutus oleh-Nya ini datang kita menjadi siap. Terkhusus di bulan syawal ini, di bulan peningkatan setelah Allah buka pintu rahmat seluas-luasnya, pintu pengampunan selebar-lebarnya di bulan Ramadhan maka kita harus memanfaatkannya dengan sebaik baiknya. Karena bisa jadi ini menjadi ramadhan dan syawal yang ditetapkan Allah sebagai ramadhan dan syawal terakhir kita.

Baca selengkapnya »
Organization