Topic Archives: Islamofobia

Dunia Islam Perlu Mendukung AS

Pelajar muslim

Di antara inferioritas yang dialami umat ini, keyakinan kita akan superioritas dinul Islam ini tetap harus menumbuhkan komitmen untuk menjadi solusi bagi permasalahan dunia. Islam pernah mentransfer pengetahuan kepada Barat yang mengeluarkan mereka dari masa kegelapan, dan sekarang kembali tugas berat menghadang umat Islam pasca terpilihnya Trump sebagai presiden AS, pada saat Barat sedang menghadapi ekspansi Timur, krisis demografi dan krisis moral.

Baca selengkapnya »

Syiah, ISIS, Zionis dan Kolaborasi Manis

Saya curiga. Ledakan yang terjadi. Hanya berjarak 1 minggu dari fatwa Lajnah Daimah Lil Buhuts Saudi Arabia yang memasukkan AsSisi telah murtad. Seiring pidatonya yang menghina Islam dan umatnya. Yahudi dan Majusi sukses di Syiria dan Mesir. Jordania tak berkutik. Sedang negara Muslim penganut demokrasi dikuasai Liberal, Sekuler, dan Islamphobia.

Baca selengkapnya »

Ibu Saeni dan Razia Warung Makan: Lagu Lama Judul Baru

Mereka mendendangkan syair serupa tepat di bulan Ramadhan. Judulnya: Ibu Saeni dan Razia Warung Makan. Lagunya berisikan syair tentang anarkisme dan intolerasi umat Islam. Ujung-ujungnya, kita dipaksa untuk menghormati orang yang tidak berpuasa. Silakan simak judul berita di Kompas Sengaja saya hanya menampilkan judul dari Kompas karena mereka media yang kali pertama mengangkat razia terhadap warung miliki Ibu Saeni.

Baca selengkapnya »

Dua Film Anti Islamofobia

Kancah perfilman Indonesia diinterupsi alternatif pesan melalui dua produksi anyar: Bulan Terbelah di Langit Amerika (BTLA) dan 3 (Alim Lam Mim). Keduanya karya anak bangsa yang memiliki misi advokasi, pembelaan atas nilai-nilai universal Islam. Perlawanan terhadap gejala Islamofobia. Terdengar aneh, di tengah dunia hiburan yang didominasi hedonisme.

Baca selengkapnya »

Jangan Islamofobia

Seperti insiden penikaman yang dilakukan seorang pria di stasiun bawah tanah di London Timur yang melukai beberapa orang. Berulang-ulang pria itu mengucapkan kalimat “Ini untuk Suriah”. Oleh polisi setempat tindakan itu dinilai sebagai teroris. Aksi itu spontan memancing seruan dari seseorang yang kemudian menjadi tenar. “You ain’t no muslim, bruv”. Dalam bahasa gaul kira-kira artinya adalah “Kamu bukan muslim”. Seruan itu kemudian populer di media sosial dengan hastag #YouAintNoMuslimBruv. Kesadaran bahwa kekerasan bukan ajaran Islam sudah mengemuka. Kekerasan bukan bagian dari ajaran Islam.

Baca selengkapnya »

I am Muslim, I am Tourist

Perasaan miris ketika memasuki Masjid Hazratbal dengan segenap penjagaannya tentu tak akan hilang dari ingatanku. Di sana aku mendapatkan sebuah pembelajaran, bahwa pendudukan terhadap wilayah Muslim yang dilakukan orang-orang non-muslim, ternyata tak memberi ruang bebas untuk toleransi.

Baca selengkapnya »

Ade Armando dan Islamofobia

Ade Armando lupa, bahwa sebagai muslim, dirinya sepatutnya paham bahwa dalam Islam ada pintu taubat nashuha. ToJokowih pada kenyataannya, sosok seperti LHI, Arifinto, jika pun pernah melakukan kesalahan. Mereka bisa jadi kini tengah menjalani pembersihan diri atas kekhilafan dan salah yang pernah dijalani. Lalu bagaimana dengan koruptor-koruptor MEGA skandal lainnya, yang kini "cuap-cuap" sebagai manusia suci? Apakah yakin mereka tidak menikmati video porno atau terbebas dari perzinahan? (bukan nikah halal seperti yang dilakukan LHI).

Baca selengkapnya »

Tragedi Charlie Hebdo

Negara Islam dan Negara Arab hendaknya bersatu menekan Negara Prancis untuk dapat memberi sanksi pada majalah Charlie Hebdo karena telah memprovokasi umat Islam. Negara Islam harus mendorong penyelesaian kasus ini melalui hukum yang adil dan tidak memihak sehingga efek domino dari tragedi ini tidak berlanjut. Usaha untuk melindungi umat Islam Prancis dari intimidasi dan gerakan Islamofobia yang dirasakan akibat tragedi Charlie Hebdo perlu juga menjadi perhatian pemimpin Islam dan negara Arab.

Baca selengkapnya »