Home / Berita / Internasional / Eropa / Paus Minta Turki  Dialog Antar Agama, Erdogan: Hilangkan Islamophobia

Paus Minta Turki  Dialog Antar Agama, Erdogan: Hilangkan Islamophobia

Paus Francis dan Erdogan. (today'sopinion)
Paus Francis dan Erdogan. (today’sopinion)

dakwatuna.com – Ankara. Paus Francis, Jumat (28/11/2014), meminta Turki mengadakan dialog antar agama untuk memerangi fanatisme yang saat ini melanda kawasan Timur Tengah. Di waktu yang sama, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menyayangkan maraknya islamophobia di Barat.

Dalam sambutannya saat berkunjung ke Turki, Paus Francis (77 tahun) menempatkan dirinya sebagai pembela diadakannya dialog dengan Islam. Paus menyayangkan adanya pemeluk Kristen yang diintimidasi kelompok jihad di Irak dan Suriah.

Menurut Paus, yang berasal dari Argentina ini, sudah seharusnya Turki menjadi jembatan antara dua benua, dan antara berbagai kebudayaan yang berbeda. Menurutnya juga, akan terdapat manfaat yang besar dari dialog antar agama. Di antaranya mencegah terjadinya segala bentuk fundamentalisme dan terorisme.

Menanggapi hal tersebut, Erdogan mengatakan, “Kami melihat dunia dengan pandangan yang sama dengan pandangan Paus. Pendapat kami tentang kekerasan juga sama.” Erdogan juga menyinggung masalah besarnya gelombang islamophobia di Barat, “Islamophobia semakin berkembang cepat dan sangat berbahaya.” (msa/dakwatuna/today’sopinion)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 5)
Loading...

Tentang

Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Di Hadapan Anggota Dewan, Basar Assad ‘Serang’ Erdogan

Organization