Topic Archives: Berdoa

Bukan Hanya Konsumsi Akal

Akhir-akhir ini sering kita simak dan saksikan betapa tidak berdayanya para aktivis dakwah di kalangan pemuda dengan seabrek PR yang seolah tak ada ujung dan pangkalnya. Seolah menghadapi jalan buntu dan tak tahu siapa yang salah dan siapa yang disalahkan. Ada yang merasa berat karena kurangnya komitmen dari para jundi. Ada yang merasa acuh karena kurang adanya jiwa keteladanan. Dan berbagai pandangan-pandangan subjektif yang terkadang saling menyalahkan dan meniadakan.

Baca selengkapnya »

Insiden Sebuah Doa

Hal yang aku pelajari dari insiden doa ini selain kita harus berdoa dengan cara yang baik adalah bagaimana kita terus berpikir positif terhadap Allah. Selalu yakin dengan ketentuan-Nya, tak ada doa yang sia-sia. Sungguh tak ada. Seringkali Allah ingin memberikan nikmat kepada kita melalui ujian dan efek samping dari hal itu selain kita diberikan nikmat juga dosa-dosa kita akan dikurangi seiring dengan kesabaran dan keikhlasan kita dalam menghadapinya. Insya Allah.

Baca selengkapnya »

Carilah Waktu Berdoa yang Dianjurkan

Kalau anda merasa tenang dengan mendengar sesuatu hal di luar Al Quran, bagaimana jika anda mendengarkan Al Quran? Apakah kita hendak mencari ketenangan diluar Al Quran? Apakah Al Quran belum cukup untuk kita jadikan pedoman yang bisa memberikan ketenangan? Bagaimana kita bisa mendapatkan ketenangan hakiki, mendapat penawar hati yang sedang sakit, kedamaian dalam jiwa yang gelisah dan kebahagiaan yang sangat dirindukan kalau kita saja masih jauh dari tuntunan agama, malas berdoa, jarang berdzikir dengan mengagungkan-Nya, jauh dari nilai-nilai keislaman dan jauh dari perkataan Tuhannya.

Baca selengkapnya »

Berdoalah Kepada Allah

Berdoalah selagi nafas ini masih berhembus, selagi detak jantung ini masih bergetar dan selagi nyawa masih berada di dalam raga. Apalah artinya sebuah doa jika nafas ini terhenti, detak jantung tak ada lagi, nyawa pun telah pergi. Semua hanya akan berakhir sia-sia. Berdoalah untuk diri kita sendiri, orang tua, keluarga, orang-orang yang ada di sekitar kita agar mereka semua mendapatkan perindungan dan rahmat-Nya dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Baca selengkapnya »

Fatwa-Fatwa Ulama Tentang Mengusap Wajah Setelah Doa; Bid’ah atau Sunnah?

Masalah ini telah diperlisihkan para imam kaum muslimin, bahkan sejak masa sahabat nabi Radhiallahu ‘Anhum. Sebagian membolehkan bahkan menyunnahkan karena ada riwayat yang bisa dipertanggungjawabkan dari sebagian sahabat seperti Ibnu Umar, Ibnu Az Zubeir, dan Al Hasan, yang melakukan hal itu. Sebagian lain melarang itu, bahkan menyebutnya bid’ah dan kebodohan, karena tidak memiliki dasar yang kuat dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Baca selengkapnya »
Figure
Organization