Topic

Topic Archives: Alquran

Menjadikan Alquran Mengalir Seperti Air

Mengkhatamkan Alquran dalam tempo waktu tertentu mengakar dalam tradisi para ulama kita, lantas bisakah kita meneladani orang-orang shaleh dari kalangan para ulama itu? Hal ini hanyalah masalah kebiasaan, jika kita punya kemauan Insya Allah kita bisa melakukanya. Semakin sering kita membacanya akan semakin kuat dalam hafalan kita dan semakin cepat kita membaca akan semakin terlatih mulut kita.

Baca selengkapnya »

Indahnya Alquran dan Ramadhan

Ramadhan, di mana umat Islam sedang berada di dalamnya adalah bulan yang sangat istimewa. Jika hidup ini seperti handphone, maka Ramadhan ibarat charger yang akan menghidupkannya. HP dapat digunakan dengan baik setelah di-charge. Begitu pula dengan Ramadhan, ia akan menjadi charger bagi hidup manusia. Selama satu bulan Ramadhan umat Islam di-charge, maka perjalanan hidup 11 bulan berikutnya akan melahirkan banyak perubahan. Hidup yang sebelumnya kering dan gersang, setelah di-charge Ramadhan akan menjadi teduh dan tenang. Hidup yang sebelumnya terasa sulit dan sempit akan menjadi luas dan lapang.

Baca selengkapnya »

Di Bawah Naungan Alquran

Sayyid Qutb, seorang ulama kontemporer menyeru kepada kita untuk hidup di bawah naungan Alquran –sebagaimana ia telah hidup di dalamnya- untuk menemukan rahasia, tabiat dan kunci-kuncinya. Dalam bukunya Fi Zhilalil Quran dia mengemukakan, “Hidup di bawah naungan Alquran, bukan berarti mempelajari Alquran dan membacanya serta menelaah ilmu-ilmu yang berkaitan dengannya. Namun yang dimaksud di sini adalah hidup di bawah naungan Alquran adalah di saat manusia berada di bawah naungannya, dalam berbagai suasana dan kondisi, dalam bergerak, saat lelah, saat bertarung, dan saat sedih serta saat bergembira dan senang. Seperti yang terjadi pada masa awal turunnya Alquran!

Baca selengkapnya »

Intisari Ajaran Luhur Alquran

Alquran juga bisa menjadi barometer kesehatan hati manusia, seseorang yang hatinya bersih, ia bisa membacanya dengan durasi yang cukup lama, bahkan ia tidak merasa bosan untuk terus berinteraksi dengannya di tengah kesibukannya. Ada sebuah atsar dari sahabat nabi Utsman bin ‘Affan Radiyallahu ‘anhu: “Kalau sekiranya hati kita bersih, tentu tidak akan kenyang (membaca) kitabullah.”

Baca selengkapnya »

Ketika Alquran Hanya Menjadi Teori

Ketika Alquran hanya menjadi teori, bagaimana mungkin bisa membangkitkan manusia dari kejahiliaannya. Mungkin sekarang banyak yang mengerti Alquran, tapi siapa yang berani menjamin, ilmunya berbanding lurus dengan amalnya. Maka tidak salah jika nanti, -sebagaimana riwayat Muslim- Alquran – di samping bisa menjadi bukti kebaikan-, juga bisa menjadi bumerang bagi pembawa(penghafal, pembaca)nya. Ada baiknya kita menyimak hadits beliau: ‘Sesungguhnya Allah mengangkat dengan Alquran beberapa kaum dan Allah pun merendahkan beberapa kaum dengannya’ (Hr. Muslim).

Baca selengkapnya »

Meraih Kecintaan akan Alquran

Banyak orang sekarang yang beralasan bahwa mereka terlalu sibuk sehingga terkadang Alquran mereka tinggalkan. Namun, bila berbicara mengenai sibuk, sahabat Rasul pun dahulu sibuk, mereka sibuk berdagang dan bermuamalah. Bahkan mereka sibuk dengan latihan perang dan perang-perang yang mereka hadapi. Perang yang bahkan jauh lebih menyibukkan dibanding kegiatan yang kita hadapi sekarang ini. Akan tetapi, kesibukan tidak menjadikan mereka jauh dari Alquran. Justru mereka tetap menjaga kedekatan mereka dengan Alquran agar segala yang mereka kerjakan senantiasa diberkahi oleh Allah.

Baca selengkapnya »

Ternyata, Alquran Bicara Banyak Tentang Remaja

Sebenarnya kisah-kisah di Alquran bicara tentang siapa? Tentang apa? SubhanAllah, ternyata sebagian besar kisah dalam quran ini adalah cerita pemuda tangguh yang mengemban tugas memperbaiki dunia, dan di satu sisinya, mengisahkan pemuda ringkih dan rapuh, jangankan membela Islam, mereka malah menyumpah serapah risalah.

Baca selengkapnya »
Figure
Organization