Figure Archives: Sayyid Qutb

Khutbah Idul Fitri 1438 H: Kunci Kemuliaan Umat Islam

Ada tiga kunci kemuliaan bagi kaum muslimin yang harus selalu dimiliki dan dipertahankan. Karenanya, pada kesempatan yang mulia ini, amat penting untuk kita kaji bersama. Pertama adalah Bertakwa Kepada Allah swt, ini merupakan kunci kemuliaan manusia. Kedua yang merupakan kunci kemuliaan umat Islam adalah menjalin hubungan yang baik dengan sesama muslim. Ketiga adalah Taat Kepada Allah dan Rasul.

Baca selengkapnya »

Khutbah Idul Fitri 1438 H: Belajar dari Sejarah Perselisihan Ulama dan Umara [1]

Jika kita belajar dari sejarah, ternyata akibat dari perselisihan antara ulama dengan umara sangat luas, merugikan semua pihak, dan dirasakan oleh seluruh masyarakat. Bagi para ulama. Sepintas mereka terlihat seperti pihak yang kalah dan dirugikan akibat dari perseteruannya dengan umara. Banyak ulama besar yang diuji ketabahannya akibat berselisih dengan umara. Keempat imam mazhab dalam Ahlus Sunnah wal Jamaah, semuanya tak luput dari ujian tersebut.

Baca selengkapnya »

Menangisi Ketiadaan Raja Faisal

Ketika Raja Salman naik, sempat terpercik harapan akan hubungan yang membaik antara para Pelayan Tanah Haram dengan aktivis pergerakan. Apalagi sempat terlihat hubungan mesra antara Raja Salman, Erdogan, dan Syeikh Tamim bin Hamad al-Tsani. Hubungan itu sedikit banyak akan berimbas pada membaiknya hubungan antara pengikut dakwah salafi dan Ikhwanul Muslimin.

Baca selengkapnya »

Cinta Sebagai Energi Kemenangan

Kawal dia..!!! kawal… jangan sampai lengah!!! Kawal sampai pintu rumah terakhir di negeri ini..!!! Jangan khianati amanah ini…!! Amanah ini telah diserahkan kepadamu…!! Jadilah pengawal setia…!!! Hiduplah di atas kesetiaan dan matilah di atas kesetiaan…!!! Jangan pedulikan luka-luka di kaki… Dan jangan pedulikan luka-luka di hati!!

Baca selengkapnya »

Menjadi Setegar Yusuf AS

Dari sela-sela ujian yang dilewati Yusuf, jelas bahwa jalan keluar setelah masa- masa sulit itu didahului oleh keteguhan pada prinsip. Kadang jalan keluar itu merupakan hadiah dari keteguhan itu. Atau bisa jadi jalan keluar itu sendiri merupakan ujian lain yang dengannya Allah menguji keteguhan hamba-Nya di waktu datang kemudahan. Dan betapa banyak dai yang teguh di saat datang ujian dan kesulitan, namun ketika datang kemudahan, jalan keluar, dan kejayaan, iapun berpaling dari sikap yang sungguh-sungguh dan menjauh dari barisan dakwah.

Baca selengkapnya »

Menjadi Setegar Yusuf AS

dakwatuna.com – Setiap manusia pasti merasakan ujian, penderitaan dan berbagai hal yang melahirkan rasa sedih yang kadang bertumpuk, dan berlapis-lapis. Di antara hal yang bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan kesedihan adalah menikmati hiburan, di antaranya, yang banyak dilakukan adalah menikmati kisah yang indah dan menggugah. Nah, Alquran telah menghadirkan kisah …

Baca selengkapnya »

Makna Persaudaraan

Begitulah sebuah persaudaraan. Saling menjaga dalam kebaikan, saling menguatkan ketika yang lain lemah, saling menasehati, saling menyayangi, saling mengasihi dan saling mencintai. Sebagaimana kata Rasulullah “seorang mukmin bagi mukmin lainnya laksana bangunan, satu sama lain saling menguatkan” (Muttafaq Ilaih). Maka “Persaudaraan adalah mukjizat, wadah yang saling berikatan dengannya Allah persatukan hati-hati berserakan. Saling bersaudara, saling merendah lagi memahami, saling mencintai, dan saling berlembut hati” (Sayyid Qutb).

Baca selengkapnya »