Organization Archives: Universitas Al-Azhar

Kementerian Awqaf Qatar Buka Kesempatan Beasiswa

Selain Tingkat Pendidikan menengah, terdapat juga program Bahasa Arab Intensif untuk non-Penutur Arab dari Qatar University serta Beasiswa Tingkat Sarjana dan Pascasarjana. Untuk tingkat sarjana, Qatar University menawarkan beasiswa jurusan Ushuluddin dan Dakwah yang memiliki skema Beasiswa Dunia Islam bagi peminat. Persaingan untuk menembus beasiswa ini memang cukup ketat karena prioritas Qatar yang condong memberi beasiswa ke siswa-siswa asal negara-negara Afrika. Namun kesempatan masuk akan lebih besar bila calon lulus dari sekolah atau madrasah yang ada di Qatar.

Baca selengkapnya »

Pekerjaan Utama Dosen

Ada baiknya seseorang bila mau menjadi dosen, belajar kepada para pengajar di kampus al-Azhar di Kairo-Mesir. Belajar tentang produktifitas mereka dalam berkarya. Mengapa ulama sekaligus dosen al-Azhar sangat produktif padahal di perkuliahan strata satu (S-1) tidak ada skripsi, jarang ada tugas penelitian? Kuncinya di kesadaran keilmuan. Kalau menyimak pengalaman teman-teman yang mencari ilmu di kampus tertua no 3 di dunia, di sana dibangun hubungan spiritual antara ilmu, murid dan guru. Terlihat seorang Quraish shihab yang bisa berdiskusi serta tanya jawab di dalam bus dengan Prof Abdul Halim Mahmud (doktoral di bidang ilmu tasawuf dari Universitas Sorbonne, Paris). Dari diskusi tiap hari tersebut, menghasilkan buku berjudul “Logika agama : kedudukan wahyu dan batas batas akal dalam Islam”.

Baca selengkapnya »

Kisah Dua Anak Petani Buta Huruf yang Meraih Gelar Doktor Bersamaan

Selama menjalani perkuliahan S1-S2-S3 tentulah tidak selamanya mulus. Ada berbagai hambatan dan rintangan yang menemani perjalanan kuliahnya. Ada saja masalah yang menganggu dan mencoba menghalangi untuk bisa lulus tepat waktu. Masalah biaya salah satu kendala yang paling sering menggangu, sebab sangat berat untuk minta uang ke orang tua ketika ada kebutuhan, sebab ia sadar betul bahwa orang tuanya hanya seorang petani Gula (anak pa’golla).

Baca selengkapnya »

Ayat-Ayat Cinta 2

Ayat-ayat Cinta 2 adalah novel pembangun jiwa yang cukup komplit, ia berkisah tentang bagaimana seharusnya seorang Muslim bersikap dan berperilaku, ada pula kisah cinta, ada ilmu-ilmu yang disampaikan dengan cara yang begitu ringan, hingga argumen-argumen dalam isu Islamofobia yang cukup relevan, hingga akhirnya novel setebal lebih dari 600 halaman ini lezat untuk dibaca.

Baca selengkapnya »

Smart City dan Peradaban Kota

Penerapan kota pintar sepertinya memerlukan sebuah inovasi tambahan dalam bentuk kebijakan atau program; agar masing-masing pemimpin dan penduduk kota bisa mempraktikkan dan melestarikan keshalihan individu dan sosial sebagai sebuah perilaku. Dan saya kira, itulah inti dari smart city (kota pintar) yaitu smart citizen (penduduk yang pintar). Dengan terwujudnya keshalihan penduduk kota, maka sempurnalah peradaban sebuah kota.

Baca selengkapnya »

Kampus Tertua Sebelum Al-Azhar Mesir

Ada namanya Universitas Al-Qarawiyyin di Maroko dan Universitas Sankore di Timbuktu. Yang menjadi fokus kajian pada artikel ini yaitu Al-Qarawiyyin yang didirikan di kota Fez-Maroko. Kampus yang dirintis dari halaqoh di Masjid al-Qarawiyyin ini didirikan oleh kerajaan Murabithun. Pendirinya bernama Fatimah al-fihri pada 859 M. Atas dasar fakta sejarah inilah, ketika tahun 1998, Guinness Book of World Records menetapkan Universitas Al-Qarawiyyin sebagai kampus/perguruan tinggi tertua dan pertama di dunia yang memberikan gelar akademis.

Baca selengkapnya »