Home / Berita / Silaturahim / (Foto) Seminar Pra Nikah FOKMA Selangor, Malaysia

(Foto) Seminar Pra Nikah FOKMA Selangor, Malaysia

dakwatuna.com – Forum Komunikasi Muslimah Indonesia di Malaysia (FOKMA) Daerah Selangor Malaysia mengadakan kegiatan Seminar sehari tentang Persiapan Pranikah di Dewan kuliah FOM Multimedia University Cyberjaya Malaysia, hari Ahad (27/3/2016). Tema yang diambil adalah Persiapan Pernikahan dilihat dari sisi syariah, keuangan dan kesehatan. Seminar sehari ini berkonsepkan ceramah dan tanya jawab, yang dibawakan oleh para narasumber yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Pada seminar kali ini FOKMA Daerah Selangor bekerja sama dengan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Multimedia University (MMU), organisasi kemahasiswaan Institusi Usrah MMU, Kajian Muslimah Cyberjaya dan JPI.

Tujuan diadakannya seminar sehari ini adalah untuk memberikan pengetahuan secara syar’i tentang bagaimana pernikahan yang Islami, juga memberikan pengetahuan mengenai bagaimana mengatur keuangan dalam mempersiapkan pernikahan serta memberikan pengetahuan akan pentingnya kesehatan yang perlu dijaga sebelum pernikahan.

Acara dibuka oleh pengantar dari Wahyuni Suryaningrum selaku Ketua Pelaksana Seminar. Wahyuni menekankan bahwa karena menikah adalah fitrah maka pelaksanaannya harus sesuai sunnah dan tidak memberatkan. Ketua Pelaksana Seminar tersebut berharap seminar ini bisa memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang persiapan pernikahan dipandang dari ketiga perspektif.

Ketua FOKMA daerah Selangor, Anna Permatasari, dalam sambutannya setengah bergurau juga menyampaikan bahwa pelaksanaan pernikahan sebaiknya dilakukan di Indonesia. Senada dengan itu, Kartika Pratiwi selaku perwakilan KBRI KL juga menekankan adanya perhatian tentang kondisi anak-anak TKI ilegal yang harus diperhatikan. Selain memberikan sambutan, Kartika Pratiwi juga membuka seminar secara resmi.

Ceramah sesi pertama dibawakan oleh Ustadz Windo Putra Wijaya yang merupakan alumni dari Universitas Al-Azhar di Kairo, Mesir, dan sekarang sedang menempuh program doktoral di University Malaya (UM), Malaysia. Windo membahas tentang persiapan pernikahan dari sisi syariah agama. Pembahasan meliputi mengapa kita harus menikah dan bagaimana jalan yang harus ditempuh untuk bisa mewujudkannya, mencari pasangan, ta’aruf, nazhor, khitbah, mahar, akad nikah dan walimah. Tidak lupa, penceramah yang cukup terkenal di kalangan ekspatriat ini menghimbau kepada peserta untuk segera melengkapi sunnah ini.

Pembicara kedua adalah seorang yang pakar dibidang motivasi dan keuangan, yaitu Ahmad Farhan, yang juga sedang mengambil program Doktor di bidang bisnis administrasi di Universiti Kebangsaan Malaysia. Ahmad Farhan memaparkan dengan detail bagaimana persiapan pernikahan jika dilihat dari segi persiapan keuangan. Seseorang yang berniat menikah maka harus menyiapkan target untuk lebih memotivasi dirinya bersegera menikah dan membuat perencanaan keuangan ke arah itu. Menabung pun perlu dilakukan dengan bijak menimbang kepada skala prioritas dan jenis pengeluaran. Bapak yang telah dikaruniai empat anak ini menghimbau peserta untuk jangan takut menikah karena miskin.

Pembicara ketiga adalah Pinta Siregar, seorang ibu yang lembah lembut dan energik. Pinta Siregar mengetengahkan bagaimana sudut pandang persiapan pernikahan ditinjau dari kacamata kesehatan. Dokter kesehatan yang bertugas di KBRI Kuala Lumpur ini juga menjelaskan bahwa sebuah pernikahan yang bahagia akan berdampak baik terhadap peningkatan kesehatan dan imunitas suami dan istri.

Acara berlangsung dengan serius namun santai. Para peserta yang berjumlah sekitar350 orang ini sangat antusias dan bersemangat sekali dalam mendengarkan dan mengajukan pertanyaan kepada ketiga narasumber. Supari yang menjadi moderator mampu menarik perhatian peserta. Selain itu disajikan animasi singkat yang cukup menyita perhatian peserta. Fakta menarik lainnya adalah dari 350 yang hadir di seminar, hanya sekitar 10%-nya saja lelaki, selebihnya wanita. Peserta yang mengajukan pertanyaan akan mendapatkan cinderahati sebagai tanda terima kasih ikut aktif dalam sesi Tanya jawab ini.

Acara ditutup pada pukul 14.00 waktu Malaysia dengan pembacaan doa dan dilanjutkan dengan ramah tamah antara narasumber, panitia dan peserta. Selain sesi seminar, acara hari itu juga diramaikan dengan bazar dan photo booth yang disambut antusias oleh peserta dengan terlihatnya antrean panjang untuk mengambil foto di photo booth. (Wahyuni S/dakwatuna.com/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Politisi Malaysia Anwar Ibrahim Dukung Erdogan

Organization