Topic
Home / Berita / Silaturahim / Peringati Hari Buruh, Fokma Malaysia Gelar Seminar untuk Pekerja Muslimah

Peringati Hari Buruh, Fokma Malaysia Gelar Seminar untuk Pekerja Muslimah

Pembicara Ahmad Gozali dalam paparannya (Fokma)
Pembicara Ahmad Gozali dalam paparannya (Fokma)

dakwatuna.com – Malaysia. Sebagaimana biasanya Hari Buruh setiap tanggal 1 Mei diperingati para pekerja dengan berbagai kegiatan guna memperjuangkan dan menjaga hak-hak mereka sebagaimana mestinya.

Tidak ketinggalan Forum Muslimah Indonesia di Malaysia yang biasa disingkat Fokma, sebagai salah satu wadah silaturrahim muslimah Indonesia lintas daerah dan profesi, yang setiap tanggal 1 Mei menggelar kegiatan positif untuk anggotanya, termasuk pekerja muslimah.

Sebagaimana rilis yang diterima Dakwatuna (1/5/2015), tahun ini Fokma memilih mengadakan seminar perencanaan keuangan dengan menghadirkan Ahmad Gozali, pakar perencanaan keuangan, dan Dr. Mira Kartiwi, dosen asal Indonesia di International Islamic University Malaysia, dengan tema Manajemen Keuangan dan Bisnis Muslimah. Ahmad Gozali adalah penulis buku best seller, “Habiskan Saja Gajimu”.

Seminar yang diadakan di Aula Hasanuddin, Kedutaan Besar RI Kuala Lumpur, pada Jumat, 1 Mei 2015, dan dibuka oleh Atnaker KBRI, Mustafa Kamal, itu diikuti sekitar 450 pekerja muslimah Indonesia yang datang dari berbagai wilayah bagian di Malaysia, seperti Kuala Lumpur, Selangor, Perak, Melaka, dan sekitarnya.

Dalam pemaparannya, Ahmad Gozali, yang merupakan alumnus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) ini, menyatakan bahwa ‘menyisakan gaji’ adalah cara mengatur keuangan yang menyakitkan dan tidak efektif. Menurutnya, ‘menghabiskannya’ (mengelola dengan) akan lebih efektif dan tentunya menyenangkan.

Gozali menggarisbawahi prioritas pengeluaran itu seharusnya diawali kewajiban agama/sosial, disusul kewajiban utang dan cicilan, berikutnya tabungan dan investasi, dan yang terakhir adalah belanja untuk kebutuhan hidup.

Sementara Dr. Mira Kartiwi, yang merupakan alumnus University of Wollongong Australia dan Direktur Women Entrepreneurship Development and Incubator Centre (WEDIC) ini, memberikan penjelasan dan memompa motivasi peserta untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan dan menciptakan kemandirian dengan memanfaatkan media sosial yang mereka miliki.

Fokma berdiri tanggal 12 September 1997, sebagai wadah yang memayungi aktivitas Muslimah Indonesia di Malaysia. Setiap tahun organisasi ini menghelat seminar dengan tema yang berbeda-beda.

Ketua Fokma 2015-2017, Evi Hartati, dalam sambutan di awal seminar menyampaikan bahwa tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan kemahiran muslimah dalam perencanaan dan pengelolaan keuangan berdasarkan konsep islami.

Selain itu, peserta seminar diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan cara berbisnis sesuai dengan kaidah Islam, memotivasi jiwa kewirausahaan di kalangan pekerja muslimah Indonesia di Malaysia, serta menjalin ukhuwah di antara sesama muslimah Indonesia di Malaysia. (fokma/rem/dakwatuna)

 

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

FOKMA Gelar Seminar ‘Siapkah Aku Menikah?’

Figure
Organization