Home / Berita / Internasional / Asia / Oposisi Suriah Mulai Pindahkan Persenjataan Berat dari Idlib

Oposisi Suriah Mulai Pindahkan Persenjataan Berat dari Idlib

Oposisi Suriah menarik senjata berat dari Idlib. (Al Jazeera)
dakwatuna.com – Damaskus. Oposisi bersenjata Suriah yang didukung Turki mengatakan, penarikan senjata berat mereka dari zona de-militerisasi di barat laut Suriah akan berlangsung dalam beberapa hari.

Front Pembebasan Nasional (NLF) pada Sabtu (06/10) mengatakan telah mulai memindahkan senjata berat dari zona de-militerisasi. Langkah itu menjadi bagian dalam kesepakatan yang ditandatangani Turki dan Rusia pertengahan bulan lalu.

“Kami mulai menarik senjata berat kami dari zona demiliterisasi ke posisi belakang,” kata juru bicara NLF Naji Mustafa kepada kantor berita AFP.

“Operasi akan berlangsung dalam beberapa hari,” imbuhnya. Ia menyebutkan, senjata itu nantinya akan dipegang oleh pejuang yang ditempatkan di posisi luar zona penyangga.

Kesepakatan Turki-Rusia ditandatangani di Sochi, Rusia pada 17 September lalu. Kesepakatan diambil untuk mencegah serangan besar rezim Suriah ke wilayah Idlib, yang menjadi benteng terakhir oposisi.

Pencegahan dilakukan dengan menciptakan zona de-militerisasi (zona penyangga) dengan luas 15 hingga 20 km di wilayah tersebut. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Menteri Keuangan Turki: Mari Kita Selamatkan Turki dari Inflasi