Home / Berita / Internasional / Asia / Rusia Kirim Sistem Rudal S-300 ke Suriah, Israel Kecewa

Rusia Kirim Sistem Rudal S-300 ke Suriah, Israel Kecewa

Rusia akan bekali Suriah dengan sistem pertahanan S-300. (Al Jazeera)
dakwatuna.com – Moskow. Rusia mengumumkan akan mengirim sistem pengendali semua alat pertahanan udara S-300 ke Suriah. Itu dilakukan setelah Moskow menuding Israel penyebab jatuhnya pesawat tempur Rusia beberapa waktu lalu.

Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoygu, negaranya terpaksa mengambil langkah penguatan keamanan pasukan di Suriah. Terutama karena adanya serangan dari Israel.

Ia menambahkan, Moskow akan membekali Damaskus dengan sistem pertahanan rudal S-300 dalam dua pekan mendatang. Sistem ini, jelasnya, memungkinkan bagi Damaskus untuk menutup langitnya terhadap serangan Israel dan membedakan pesawat Rusia.

Dalam langkah yang ditujukan untuk Israel, pasukan Rusia menutup sejumlah wilayah di perairan internasional di timur Mediterania, terhadap penerbangan dan navigasi maritim dekat Suriah, Lebanon dan Siprus.

Keputusan itu membuat pesawat Israel tidak bisa lagi terbang di atas wilayah udara Suriah.

Menurut investigasi Rusia, pihak Israel tidak memberi tahu terlebih dahulu akan operasi militer mereka. Pemberitahuan diberikan seiring dengan dimulainya operasi. Bahkan dikatakan, Israel tidak melancarkan serangan di wilayah utara, melainkan di wilayah barat Suriah.

Namun militer Israel membantah laporan investigasi tersebut. Bahkan Tel Aviv menyebut Rusia mempersenjatai ‘pihak tak bertanggung jawab’ dengan persenjataan canggih. Pihak yang dimaksud tentu saja pasukan rezim Suriah. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Kekuatan Diplomatik Turki Selamatkan 4 Juta Orang di Idlib, Suriah