Home / Berita / Internasional / Asia / Erdogan di PBB: Kami Akan Terus Bela Al-Quds

Erdogan di PBB: Kami Akan Terus Bela Al-Quds

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Aljazeera)
dakwatuna.com – New York. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menegaskan negaranya akan terus membela Al-Quds, meski seluruh dunia berpaling dari Palestina. Demikian ia sampaikan di hadapan para pemimpin dunia dalam Sidang Majelis Umum PBB ke-73 di New York, Selasa (25/09).

“Kami akan terus berdiri di samping Palestina serta membela status historis dan konstitusional Al-Quds, kiblat pertama kami, meskipun seluruh dunia berpaling dari Palestina,” kata Erdogan, dikutip dari Aljazeera.net.

Menurut Erdogan, pihak yang bungkam atas penindasan dan pengurangan bantuan kepada Palestina “hanya akan mendorong penindas (untuk lebih berani)”.

Lebih lanjut, Presiden Turki itu juga kembali menyuarakan reformasi dalam tubuh Dewan Keamanan PBB. Menurutnya, hal itu bertujuan menyusun tatanan dunia yang mampu membantu kelompok tertindas, dan memenuhi kebutuhan kaum miskin dan kelaparan.

“Dunia ini lebih besar dari lima (negara),” tegasnya, sebagai isyarat kepada lima negara anggota tetap DK PBB yang juga pemegang hak veto.

Konflik Suriah

Terkait Suriah, Erdogan menyebut negaranya menantikan dukungan lebih besar untuk mencegah eksodus besar-besaran pengungsi ke dunia, terutama Eropa.

Ia mencatat, Turki telah menggelontorkan dana sebesar 32 miliar dolar untuk pengungsi Suriah. Sementara lembaga-lembaga internasional hanya memberikan bantuan senilai 600 juta dolar saja.

Erdogan juga menyinggung kesepakatan Turki-Rusia yang dicapai tanggal 17 September lalu. Menurutnya, kesepakatan itu berhasil mencegah serangan berdarah ke provinsi Idlib di Suriah. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Erdogan: Saya Kenal Pembunuh Jamal Khashoggi

Organization