Home / Berita / Internasional / Asia / Sebab Kecintaan Warga Al-Quds pada Turki

Sebab Kecintaan Warga Al-Quds pada Turki

Wisatawan Turki yang berkunjung ke Masjidil Aqsha. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Al-Quds. Warga Al-Quds mengikuti dengan seksama pemilihan presiden dan parlemen di Turki 24 Juni lalu. Ketika hasil hitung cepat dirilis, dengan kemenangan Recep Tayyip Erdogan dan partainya, kegembiraan langsung menyelinap ke setiap warga Al-Quds.

Perhatian besar warga Al-Quds tentu tidak datang secara tiba-tiba. Melainkan erat kaitannya dengan peran Turki dan sejumlah lembaga-lembaganya dalam mendanai dan menjalankan sejumlah proyek di Al-Quds. Hubungan itu juga diperkuat dengan kunjungan wisata warga Turki ke Masjidil Aqsha, sehingga menghidupkan kembali perekonomian Kota.

Program-program Turki di Al-Quds diimplemantasikan dalam berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Turki juga dikenal sangat memperhatikan dua sektor yaitu anak-anak dan pemuda. Saat ini, lembaga-lembaga Turki dan Al-Quds bahu-membahu dalam menjalankan program yang ada.

Di antara program yang paling dikenal adalah ‘Ruang Palestina’. Program ini bertujuan memperkenalkan desa-desa terlantar, jalanan di sekitar Al-Quds, serta ‘Harta Karun Masjidil Aqsha’ yang membantu anak-anak memecahkan teka-teki guna mengenal Masjid.

Selain itu juga ada program yang bernama ‘Eye Holy’. Program ini membina para pemuda Al-Quds tentang fotografi dan penulisan berita. Serta program ‘Library’ yang mendorong para pemuda untuk cinta membaca.

Lembaga-lembaga yang menjalankan program bertujuan untuk meningkatkan ketahanan warga Palestina di Al-Quds. Selain juga mengadakan acara dan festival untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan positif.

Badan Koordinasi dan Bantuan Turki (TIKA) menjadi lembaga terpenting dalam menjalankan sejumlah program di berbagai bidang. Di antara program utama yang dijalankan dari 2005-2013 adalah memberi peralatan olah raga untuk Hilal Yerusalem, perbaikan dan pembelian peralatan untuk College of the Holy Quran for Islamic Research di Dewan Fatwa Yerusalem.

Selain itu juga perbaikan empat sekolah dan membekalinya dengan komputer, serta pembangunan asrama untuk para murid.

Lebih dari itu, masih banyak lagi program-program yang dijalankan lembaga Turki di Al-Quds. Maka tak heran jika warga Al-Quds sangat mencintai Turki, baik rakyat maupun pemimpinnya. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Penangkapan Dai dan Masyayikh di Saudi Berlanjut

Organization