Home / Berita / Internasional / Asia / Iran Sebut Dua Negara Teluk Dalangi Serangan Parade Militer

Iran Sebut Dua Negara Teluk Dalangi Serangan Parade Militer

Evakuasi korban serangan terhadap parade militer Garda Revolusi Iran. (Al Jazeera)
dakwatuna.com – Teheran. Militer Iran menyebut aksi penyerangan terhadap parade militer negaranya di Ahvaz didalangi oleh dua negara Teluk, serta berhubungan dengan AS dan Israel.

Setidaknya 15 orang tewas dalam serangan kelompok bersenjata tersebut, menurut juru bicara angkatan bersenjata Iran. Serangan terjadi pada Sabtu (22/09) pagi waktu setempat di ibu kota provinsi Khuzestan, Ahvaz.

Namun, kantor berita Iran menyebut serangan itu menewaskan 29 orang hingga berita ini diturunkan. Setengah dari jumlah itu berasal dari unsur Garda Revolusi Iran, selain juga ada korban tewas dari warga sipil.

Brigjen Abolfazl Shekarchi, juru bicara angkatan bersenjata Iran mengatakan, “Para teroris itu dilatih dan diorganisir oleh dua negara Teluk.”

“Mereka bukan bagian dari ISIS, atau kelompok lain yang memerangi Rezim Islam (Iran), melainkan mereka berhubungan erat dengan Amerika dan Mosad,” imbuhnya, dikutip dari Aljazeera.net.

Menurut koresponden Aljazeera di Teheran, angkatan bersenjata adalah satu-satunya badan yang berwenang berbicara kepada media terkait insiden tersebut. Ia menambahkan, militer Iran menganggap pelaku serangan dilatih oleh dua negara Teluk di bawah pengawasan AS dan Israel. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Iran Memanas, Baku Tembak Tewaskan 6 Orang