Home / Berita / Internasional / Asia / Resmi, Hassan Rouhani Kembali Terpilih Jadi Presiden Iran

Resmi, Hassan Rouhani Kembali Terpilih Jadi Presiden Iran

Konferensi pers Menteri Dalam Negeri Iran tentang hasil pemilihan presiden. (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Teheran. Kementerian Dalam Negeri Iran, mengumumkan kemenangan kandidat petahana, Hassan Rouhani, dalam kontestasi pemilihan presiden di negara itu, Sabtu (20/05/2017). Kemenangan Rouhani atas lawan terberatnya, Ibrahim Raisi, terbilang telak.

Menteri Dalam Negeri Iran, Rahmani Fazli mengatakan, Rouhani memperoleh suara sebesar 23 juta, atau setara dengan 57% dari jumlah keseluruhan suara.

Mendagri Iran itu menambahkan, kandidat yang memperoleh suara terbanyak kedua, Ibrahim Raisi, memperoleh lebih dari 15 juta suara, atau sekitar 38,5%. Sedangkan, Mirsalim dan Hasyem Taba masing-masing memperoleh 478.215 dan 215.450 suara.

Dilansir dari media massa di Iran, disebutkan bahwa partisipasi pemilih dalam pilpres kali ini mencapai 70%. Sedangkan Juru Bicara Garda Revolusi Iran menegaskan, ada banyak laporan tentang tindak pelanggaran.

Koresponden Al Jazeera di Teheran, Nurudin al-Daghir melaporkan, terkait banyaknya laporan pelanggaran telah diselesaikan dalam sidang yang panjang yang digelar pagi tadi yang juga dihadiri perwakilan dari tim Rouhani, serta persetujuan dari Garda Revolusi yang mengawasi jalannya pilpres ini.

Lebih lanjut, al-Daghir juga menyebutkan faktor-faktor kemenangan Rouhani untuk yang kedua kalinya ini. Di antaranya adalah janji penyelesaian kesepakatan nuklir dengan para kekuatan besar, keterbukaan Iran, dan stabilitas ekonomi. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera.net

Advertisements

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Iran: Kami Berkoordinasi dengan Turki Terkait Isu-isu Kawasan