Home / Berita / Internasional / Israel Luncurkan Proyek Kereta Api Tel Aviv-Riyadh

Israel Luncurkan Proyek Kereta Api Tel Aviv-Riyadh

Ilustrasi (nbn.com)

dakwatuna.com – Palestina. Dana Feiss, seorang Analis politik Israel mengatakan Israel akan membuka jalur kereta api yang menghubungkan Tel Aviv dengan ibukota Arab Saudi, Riyadh. Informasi ini ia sampaikan di salah satu acara di stasiun TV channel 12 Israel.

Laporan ekslusif yang baru pertama kalinya diungkap ini menyebutkan, disamping dengan Riyadh, proyek kereta api ini juga membuka jalur ke Eropa. Feiss kemudian menegaskan, rencana ini telah disetujui oleh PM. Israel Benjamin Netanyahu beserta menteri Perhubungan Israel Yisrael Katz.

Ia kemudian menyebut tujuan dari proyek ini untuk kepentingan dagang. “Proyek ini diberi nama Peace Bars yang bertujuan untuk membuka rute komersial dari Mediterania ke teluk Arab, yang disebut Israel dengan nama teluk Persia,” jelasnya.

Jalur kereta api yang menghubungkan Israel dengan Kerajaan Arab Saudi ini nantinya akan melintasi perbatasan Yordania, dan kota Jenin yang berada di bagian utara Tepi Barat.

Proyek ini tidak lepas dari usaha Amerika Serikat untuk menghubungkan Israel dengan negara-negara kawasan, yang salama ini merasa terancam dengan Iran. Pihak pemerintah Israel sendiri mengklaim telah mengantongi dukungan internasional sehingga dapat memperbaiki citra terhadap Timur Tengah. (msy/dakwatuna)

Sumber: Safa.ps

Redaktur: Muh. Syarief

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Wakil Direktur Studi Informasi Alam Islami (SINAI) Mesir 2008

Lihat Juga

Penangkapan Dai dan Masyayikh di Saudi Berlanjut

Organization