Topic
Home / Berita / Internasional / Turki dan Tunisia Kerjasama di 3 Bidang Strategis

Turki dan Tunisia Kerjasama di 3 Bidang Strategis

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Presiden Turki, Erdogan, melakukan kunjungan ke Tunisia dan bertemu Presiden Tunisia, Beji Caid Essebsi pada Selasa sore (26/12/2017). (foto: aa.com.tr/ar)

dakwatuna.com – Cathage. Turki dan Tunisia sepakat menandatangani 3 kesepakatan kerjasama di berbagai bidang, salah satunya bidang ekonomi. Tidak hanya itu, kedua negara juga sepakat untuk kerjasama dalam bidang pelatihan militer. Seluruh bentuk kerjasama ini ditandatangani di Istana Kepresidenan kawasan Carthage, Tunisia pada Rabu (27/12/2017).

Dilansir dari kantor berita Anadolu Ajansi, kesepakatan antara dua negara ini dilakukan pada sela-sela kunjungan kenegaraan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, ke Tunisia.

Menteri Luar Negeri Tunisia, Khemaies Jhinaoui, dari mengatakan bahwa kesepakatan pertama yang dibuat antara kedua negara dalam bidang militer. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa kesepakatan ini telah mengikat kedua negara dan kedua negara juga telah siap untuk saling memperkuat militer satu sama lain. Dalam pelaksanaannya, menurut Jhinaoui militer Tunisia bisa dikirim ke Turki untuk mengikuti pelatihan militer.

Jhinauoi menambahkan, kesepakatan kedua antara Turki dan Tunisia adalah di bidang investasi. Ia menyebut bahwa sangat penting bagi Turki untuk mempertahankan investasi di Tunisia.

“Kesepakatan ketiga antara Turki dan Tunisia adalah kerjasama di bidang lingkungan hidup.” Ujar Menlu Tunisia itu.

Dalam kesempatan yang sama, Menlu Jhinaoui menjelaskan bahwa Turki dan Tunisia juga memiliki kerjasama strategis. Kerjasama ini rencananya akan dibahas pada Dewan Kerjasama Strategis antara Turki dan Tunisia di tahun 2018 mendatang.

Menlu Tunisia ini juga menyebutkan bahwa Turki sangat memahami kondisi ekonomi Tunisia. Menurutnya, Turki juga memiliki keinginan untuk membantu Tunisia memperbaiki ekspornya ke Turki.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, pada konferensi pers menuturkan bahwa nilai perdagangan bilateral Turki-Tunisia mencapai 1,125 miliar USD. Karena itulah Tunisia menjadi salah satu tujuan investasi Turki ke depan. Saat ini tercatat 50 institusi Turki berbagai bidang di Tunisia. Seperti dilansir dari pemerintah Tunisia, institusi-institusi ini telah memberikan lapangan pekerjaan kepada 2500 orang (diantaranya 100 orang Turki di Tunisia).

Kunjungan Pertama Erdogan ke Tunisia

Ini adalah kali pertama Erodogan melakukan kunjungan ke Tunisia pada Selasa sore (26/12/2017) sebagai Presiden. Adapun dua kunjungan sebelumnya pada September 2011 dan Juni 2013, Erdogan datang sebagai Perdana Menteri. (jamin/Anadolu/dakwatuna)

Sumber: Anadolu Ajansi

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Erdogan: Teroris Selandia Baru dan ISIS Berasal dari Tempat yang Sama

Figure
Organization