Topic
Home / Berita / Internasional / Erdogan Menangi Referendum, Raja Salman dan Donald Trump Beri Ucapan Selamat

Erdogan Menangi Referendum, Raja Salman dan Donald Trump Beri Ucapan Selamat

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, dihadapan para pendukungnya. (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Ankara. Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al Saud, berikan ucapan selamat kepada Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Ucapan selamat tersebut  berkaitan dengan kemenangan Erdogan dalam referendum amandemen konstitusi yang digelar beberapa hari yang lalu.

Sumber dari kantor kepresidenan Turki mengatakan, Presiden Trump pada Senin (17/04/2017) sore waktu setempat, telah menghubungi Presiden Erdogan untuk memberikan ucapan selamat atas kemenangannya dalam referendum.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri AS menegaskan, pihaknya mendorong baik pemerintah maupun oposisi di Turki agar bekerja untuk masa depan negara, dan melanjutkan dialog politik untuk kepentingan bersama.

Lebih dari itu, Kemenlu AS juga menekankan untuk terus komitmen dengan Turki guna memperkuat hubungan bilateral. Juga mendukung kelangsungan demokrasi di Turki.

Sementara itu, kantor berita Arab Saudi (SPA) mengatakan, Raja Salman telah memberikan ucapan selamat kepada Presiden Erdogan pada Senin (17/04) sore waktu setempat. Dalam perbincangan melalui saluran telepon itu, menurut SPA, Raja Salman menyebut hasil referendum sebagai kepercayaan rakyat Turki kepada pemimpinnya.

Saudi Press Agency (SPA) menambahkan, Raja Salman dalam kesempatan itu juga mengungkapkan harapannya agar amandemen konstitusi berdampak pada stabilitas dan kemajuan pembangunan. Raja Salman juga menegaskan, Kerajaan Saudi akan meningkatkan kerjasama dengan Turki pada fase politiknya yang baru.

Sebelum Raja Salman dan Presiden Trump, Erdogan telah mendapatkan ucapan selamat dari beberapa pemimpin negara. Di antaranya: Amir Qatar, Syaikh Hamad Al Tsany; Raja Bahrain, Hamad bin Isa; Raja Yordania, Abdullah Al Tsany; Presiden Pakistan, Mamnun Hussain dan PM Pakistan, Nawaz Sharif; Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko; PM Hungaria, Viktor Orban; serta Presiden koalisi nasional revolusi Suriah, Anas al-Abdah.

Selain kepada Presiden Erdogan, ucapan selamat juga ditujukan kepada Perdana Menteri Turki, Binali Yildirim, Yildirim mendapatkan ucapan selamat dari Menteri Luar Negeri Iran, Saudi, Qatar, dan Britania Raya. (whc/aljazeera/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Ini Alasan Turki Beli Sistem Pertahanan dari Rusia

Figure
Organization