Topic
Home / Berita / Internasional / Respon Keputusan Trump, Ikatan Ulama Palestina Seru Rakyat Palestina Gelar Intifadha

Respon Keputusan Trump, Ikatan Ulama Palestina Seru Rakyat Palestina Gelar Intifadha

Rakyat Palestina ekspresikan kemarahan di Khan Yunis. (Aljazeera.net)

dakwatuna.com – Ramallah. Seluruh Faksi Nasional dan Islam di Al-Quds, menggelar aksi massa pada hari ini, Kamis (07/12/2017). Disebutkan, mereka juga menyeru ikatan ulama Palestina dan seluruh rakyat untuk menggelar intifadhah rakyat, dalam rangka memprotes keputusan Presiden AS terkait status kota Al-Quds.

Dalam pernyataan bersama yang dirilis disebutkan, seluruh faksi menyeru untuk menggelar aksi pemogokan dan demonstrasi massa. Mereka juga menegaskan, Kota Al-Quds selama akan menjadi ibukota bagi rakyat Palestina dan negaranya yang berdaulat.

Menjawab seruan tersebut, dilansir Aljazeera.net, Otoritas pendidikan di Palestina menghentikan aktivitas belajar pada hari ini. Mereka menyerukan kepada seluruh guru dan murid untuk ikut serta dalam aksi massa yang digelar di seluruh Tepi Barat dan Jalur Gaza tersebut.

Sementara itu, Ikatan Ulama Palestina juga memberikan pernyataan resminya. Dalam keterangan dikatakan, “Kami menyeru umat Islam dan seluruh rakyat untuk menggelar intifadhah dengan slogan Al-Quran dan Sunnah. Karena keputusan (Trump, red) ini akan mendorong ekstremis Yahudi.”

Sebelumnya, Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) juga menggelar aksi massa di jalanan utama kota Gaza, Khan Yunis, Rafah, Jabalya dan kamp pengungsian Nuseirat di Jalur Gaza. Manurut laporan, massa aksi tampak membawa pamflet kecaman terhadap keputusan Trump yang mengakui Al-Quds sebagai ibukota bagi entitas zionis, Israel.

Pemandangan serupa juga dapat dilihat di Tepi Barat. Tampak ribuan massa aksi turun dengan penuh kemarahan di jalan-jalan kota Ramallah, Hebron, Betlehem, Qalqilya, Tubas, Nablus dan Yerikho. Massa juga tampak membakar bendera Amerika Serikat sebagai ekspresi protes atas keputusan Trump. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Opick: Jangan Berhenti Bantu Rakyat Palestina!

Figure
Organization