Topic
Home / Berita / Internasional / Ekspresikan Kepedulian, Aksi Bela Rohingya Juga Digelar di Chicago dan Toronto

Ekspresikan Kepedulian, Aksi Bela Rohingya Juga Digelar di Chicago dan Toronto

Salah satu poster dalam aksi bela Rohingya di Chicago, AS. (aa.com.tr/ar)

dakwatuna.com – Washington. Kekerasan yang menimpa Muslim Rohingya di provinsi Rakhine, Myanmar, mendapat perhatian luas dari masyarakat internasional. Tak hanya di kawasan regional (ASEAN), perhatian dan kepedulian juga ditunjukkan oleh masyarakat di dataran Amerika.

Beragam cara dilakukan untuk mengekspresikan kepedulian terhadap kaum Rohingya. Di antaranya adalah aksi massa yang digelar di Chicago – Illinois (AS), dan di kota Toronto, Kanada.

Dilansir dari aa.com.tr/ar, Ahad (17/09/2017), ratusan massa tampak menggelar aksi di depan Federal Plaza, Chicago. Massa aksi kebanyakan dari komunitas-komunitas Muslim yang ada di wilayah tersebut.

Para demonstran dengan lantang menyeru masyarakat internasional untuk bergerak menghentikan praktik pembersihan etnis oleh tentara Myanmar. Mereka juga tampak membawa poster bertuliskan: “Freedom for Rohingya”, “Justice for Rohingya, Peace for the World”, dan lain sebagainya. Aksi massa ini berlangsung selama kurang lebih dua jam.

Massa aksi juga memadati kompleks parlemen di Toronto, Ontario – Kanada. (aa.com.tr/ar)

Sementara itu, aksi massa serupa juga digelar di Parliement Park Ontario, Kanada. Ribuan massa termasuk rakyat Myanmar yang ada di sana tampak tampak memenuhi tempat aksi. Tak hanya komunitas Muslim, aksi ini juga didukung oleh Persatuan Kristen Kanada.

Para demonstran mendesak pemerintah Kanada untuk bertindak lebih efektif terhadap apa yang menimpa Muslim Rohingya.

Koordinator aksi, Huida Pervez Khan, menyampaikan terima kasih pada pemerintah Turki atas dukungan dan bantuan pada Muslim Rohingya. “Kami tidak akan melupakan semua yang dilakukan Turki untuk Rakhine,” lanjutnya.

Sementara itu, warga Kanada keturunan Rakhine, Weshim Ali mengatakan, Turki memainkan pera utama dalam menyorot pembantaian Muslim Rohingya. Menurutnya, yang dilakukan Turki “Tidak mungkin dilakukan siapapun. Dunia Islam dan komunitas lain harus berdiri mendukung Turki.”

Ali juga menyerukan kerja sama dengan Turki dalam membawa isu Rohingya di platform internasional. Dengan begitu, tambahnya, solusi jangka panjang untuk masalah ini akan ditemukan. (whc/dakwatuna)

Sumber: Anadolu Ajansi Arabic

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Di Hadapan Ivanka Trump, Tun Mahathir Kecam Keras Amerika Serikat

Figure
Organization