Home / Berita / Internasional / Ekspresikan Kepedulian, Aksi Bela Rohingya Juga Digelar di Chicago dan Toronto

Ekspresikan Kepedulian, Aksi Bela Rohingya Juga Digelar di Chicago dan Toronto

Salah satu poster dalam aksi bela Rohingya di Chicago, AS. (aa.com.tr/ar)

dakwatuna.com – Washington. Kekerasan yang menimpa Muslim Rohingya di provinsi Rakhine, Myanmar, mendapat perhatian luas dari masyarakat internasional. Tak hanya di kawasan regional (ASEAN), perhatian dan kepedulian juga ditunjukkan oleh masyarakat di dataran Amerika.

Beragam cara dilakukan untuk mengekspresikan kepedulian terhadap kaum Rohingya. Di antaranya adalah aksi massa yang digelar di Chicago – Illinois (AS), dan di kota Toronto, Kanada.

Dilansir dari aa.com.tr/ar, Ahad (17/09/2017), ratusan massa tampak menggelar aksi di depan Federal Plaza, Chicago. Massa aksi kebanyakan dari komunitas-komunitas Muslim yang ada di wilayah tersebut.

Para demonstran dengan lantang menyeru masyarakat internasional untuk bergerak menghentikan praktik pembersihan etnis oleh tentara Myanmar. Mereka juga tampak membawa poster bertuliskan: “Freedom for Rohingya”, “Justice for Rohingya, Peace for the World”, dan lain sebagainya. Aksi massa ini berlangsung selama kurang lebih dua jam.

Massa aksi juga memadati kompleks parlemen di Toronto, Ontario – Kanada. (aa.com.tr/ar)

Sementara itu, aksi massa serupa juga digelar di Parliement Park Ontario, Kanada. Ribuan massa termasuk rakyat Myanmar yang ada di sana tampak tampak memenuhi tempat aksi. Tak hanya komunitas Muslim, aksi ini juga didukung oleh Persatuan Kristen Kanada.

Para demonstran mendesak pemerintah Kanada untuk bertindak lebih efektif terhadap apa yang menimpa Muslim Rohingya.

Koordinator aksi, Huida Pervez Khan, menyampaikan terima kasih pada pemerintah Turki atas dukungan dan bantuan pada Muslim Rohingya. “Kami tidak akan melupakan semua yang dilakukan Turki untuk Rakhine,” lanjutnya.

Sementara itu, warga Kanada keturunan Rakhine, Weshim Ali mengatakan, Turki memainkan pera utama dalam menyorot pembantaian Muslim Rohingya. Menurutnya, yang dilakukan Turki “Tidak mungkin dilakukan siapapun. Dunia Islam dan komunitas lain harus berdiri mendukung Turki.”

Ali juga menyerukan kerja sama dengan Turki dalam membawa isu Rohingya di platform internasional. Dengan begitu, tambahnya, solusi jangka panjang untuk masalah ini akan ditemukan. (whc/dakwatuna)

Sumber: Anadolu Ajansi Arabic

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Menlu Iran Mundur, Begini Respons Israel dan Amerika Serikat

Organization