Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Perbaiki Hubungan, Turki-AS Sepakat Untuk Saling Percaya

Perbaiki Hubungan, Turki-AS Sepakat Untuk Saling Percaya

Menlu Turki, Mevlut Covusoglu (kanan) dan Menlu AS, Rex Tillerson (kiri). (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Ankara. Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Covusoglu, dan Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson menegaskan, pentingnya penguatan hubungan antara kedua negara. Selain itu, kedua menteri tersebut juga sepakat untuk terus memerangi ISIS dan memperkuat stabilitas di Kawasan.

Dalam konferensi pers yang diadakan bersama pada Kamis (30/03/2017), Mevlut Covusoglu mengatakan, penting untuk segera mengambil langkah-langkah guna mengembalikan kepercayaan dalam hubungan bilateral kedua negara. Mevlut juga menambahkan, Turki menunggu kerjasama yang lebih terpercaya dari Amerika.

Lebih lanjut, Mevlut mengatakan, hubungan antara Turki dan Amerika sempat renggang akibat dukungan Amerika terhadap Milisi Kurdi dan Partai Pekerja Kurdi (PKK), yang keduanya disebut teroris oleh Turki.

Dukungan AS tersebut, menurut Mevlut, dapat merugikan Turki. Mevlut juga menegaskan, pemberantasan terhadap teroris bukan berarti boleh bekerjasama dengan organisasi teroris lainnya.

Terkait upaya kudeta yang terjadi di Turki pada pertengahan bulan lalu, Mevlut menyebut, pemerintahannya telah berulang kali meminta ekstradisi terhadap tokoh oposisi Turki yang tinggal di Amerika, Fethullah Gulen. “Kami telah melakukan langkah-langkah dan prosedur terhadap hal ini, setidaknya secara administrasi. Kami hanya ingin menangkap orang itu (Gulen),” tambah Mevlut. (whc/aljazeera/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

[Video] Menlu Turki Kejutkan Warga Sudan

Figure
Organization