Home / Berita / Internasional / Asia / Perbaiki Hubungan, Turki-AS Sepakat Untuk Saling Percaya

Perbaiki Hubungan, Turki-AS Sepakat Untuk Saling Percaya

Menlu Turki, Mevlut Covusoglu (kanan) dan Menlu AS, Rex Tillerson (kiri). (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Ankara. Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Covusoglu, dan Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson menegaskan, pentingnya penguatan hubungan antara kedua negara. Selain itu, kedua menteri tersebut juga sepakat untuk terus memerangi ISIS dan memperkuat stabilitas di Kawasan.

Dalam konferensi pers yang diadakan bersama pada Kamis (30/03/2017), Mevlut Covusoglu mengatakan, penting untuk segera mengambil langkah-langkah guna mengembalikan kepercayaan dalam hubungan bilateral kedua negara. Mevlut juga menambahkan, Turki menunggu kerjasama yang lebih terpercaya dari Amerika.

Lebih lanjut, Mevlut mengatakan, hubungan antara Turki dan Amerika sempat renggang akibat dukungan Amerika terhadap Milisi Kurdi dan Partai Pekerja Kurdi (PKK), yang keduanya disebut teroris oleh Turki.

Dukungan AS tersebut, menurut Mevlut, dapat merugikan Turki. Mevlut juga menegaskan, pemberantasan terhadap teroris bukan berarti boleh bekerjasama dengan organisasi teroris lainnya.

Terkait upaya kudeta yang terjadi di Turki pada pertengahan bulan lalu, Mevlut menyebut, pemerintahannya telah berulang kali meminta ekstradisi terhadap tokoh oposisi Turki yang tinggal di Amerika, Fethullah Gulen. “Kami telah melakukan langkah-langkah dan prosedur terhadap hal ini, setidaknya secara administrasi. Kami hanya ingin menangkap orang itu (Gulen),” tambah Mevlut. (whc/aljazeera/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Kepolisian Diraja Malaysia Tangkap Pendana Kelompok Teroris ISIS

Organization