Topic
Home / Berita / Internasional / Amerika / Turki Secara Resmi Minta AS Tangkap Fethullah Gulen

Turki Secara Resmi Minta AS Tangkap Fethullah Gulen

Menlu Turki, Mevlut Cavusoglu (aa.com.tr)
Menlu Turki, Mevlut Cavusoglu (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Arab Saudi. Menlu Turki menegaskan adanya permintaan resmi Ankara kepada AS untuk menangkap Fethullah Gulen yang dituduh sebagai otak percobaan kudeta yang gagal pada 15 Juli 2016 silam, yang menyebabkan 240 orang tewas.

Sebagaimana diberitakan Anadolu (13/9/2016), Menlu Mevlut Cavusoglu menyatakan bahwa Gulen (pemimpin gerakan yang dinamakan Turki the Fethullah Terrorist Organization) harus diekstradisi ke Turki untuk diadili.

Segala informasi dan dokumentasi terkait kudeta segera disampaikan ke Pemerintah AS dalam rangka memulangkan Gulen. Selain itu, semua yang berada di luar Turki dan terindikasi terlibat dengan upaya kudeta yang gagal akan diseret ke hadapan pengadilan, jelasnya.

Hal tersebut disampaikan Menlu Cavusoglu di Provinsi Antalya setelah melakukan pembicaraan via telepon dengan Menlu AS, John Kerry.

Menurutnya, Turki sejauh ini melanjutkan perang melawan ISIS dan kelompok teroris Kurdi, PKK, yang disinyalir kuat ingin menghancurkan situasi damai di seluruh wilayah di Turki.

Menlu Mevlut Cavusoglu berada di Antalya dalam rangka perayaan Hari Raya Idul Adha yang dilakukan partai berkuasa Justice and Development Party dan penduduk setempat. (rem/dakwatuna)

Sumber: Anadolu Agency

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

7 Manfaat Traveling saat Libur Kuliah Bareng Teman-Teman

Figure
Organization