Topic
Home / Berita / Internasional / Amerika / Media AS: Kegagalan Kudeta Perbesar Peluang Erdogan Terpilih Kembali

Media AS: Kegagalan Kudeta Perbesar Peluang Erdogan Terpilih Kembali

Erdogan dan pendukungnya (arabi21.com)
Erdogan dan pendukungnya (arabi21.com)

dakwatuna.com – Amerika Serikat. Sebuah media AS, New York Review Daily, dalam sebuah artikelnya menyebutkan bahwa upaya kudeta Presiden Turki yang gagal pada 15 Juli 2016 lalu telah menguatkan ikatan emosional Erdogan dengan pendukungnya.

Sebagaimana dikutip Arabi21 (12/8/2016), menurut media tersebut kejadian itu memperbesar peluang Erdogan untuk terpilih kembali menjadi Presiden Turki untuk kali yang keduanya pada pilpres Turki nantinya.

Presiden Erdogan pada malam kejadian itu telah mendapatkan dukungan yang melegakan dalam ‘dekapan’ pendukungnya yang marah kepada pelaku percobaan kudeta.

Penulis artikel, Christopher de Belag, menyatakan bahwa sejauh pengamatannya terhadap perkembangan politik dalam negeri Turki, dirinya belum pernah menyaksikan eratnya integrasi nasionalisme dan agama seperti saat ini.

New York Review Daily menguatkan pandangannya dengan maraknya  aksi-aksi unjuk rasa rakyat Turki menentang kejadian itu, selain banyaknya pujian dari media lokal Turki kepada pihak-pihak yang dianggap berjasa menggagalkan kudeta itu.

Dan di antara pahlawan yang dielu-elukan media Turki berjasa besar menggagalkan upaya tersebut adalah Erdogan sendiri yang berhasil selamat dari percobaan pembunuhan atau pun penawanan oleh pelaku kudeta.

Disebutkan juga perayaan kegagalan upaya kudeta itu dengan aksi rakyat Turki yang turun ke jalan-jalan guna mengekspresikan penolakan terhadap kudeta, dan pada waktu yang sama sebagai bentuk dukungan kepada Erdogan dan pemerintah Turki saat ini. (rem/dakwatuna)

Sumber: Arabi21

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Sabyan Kampanye Pembangunan Klinik THT di Palestina

Figure
Organization