Topic
Home / Berita / Internasional / Eropa / Kendati Kudeta Berhasil Digagalkan, Erdogan Instruksikan Rakyat Tetap Bertahan Di Jalan

Kendati Kudeta Berhasil Digagalkan, Erdogan Instruksikan Rakyat Tetap Bertahan Di Jalan

Sholat jenazah korban dari upaya kudeta militer di Turki. (aljazeera.net)
Sholat jenazah korban dari upaya kudeta militer di Turki. (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Ankara. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kembali memberikan instruksi kepada rakyatnya agar tetap bertahan di jalan dan lapangan kota. Walaupun kudeta berhasil digagalkan, Erdogan tetap berharap ruh perlawanan menentang kudeta tetap menggelora di jalan-jalan.

Pernyataan Erdogan ini disampaikan usai dirinya mengikuti prosesi sholat jenazah terhadap korban dari upaya kudeta militer yang terjadi Jumat malam kemarin.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Turki tersebut menyampaikan penghormatannya kepada rakyat Turki, yang sukses menghentikan kudeta militer. Ia kemudian mendoakan mereka yang gugur dalam membela negerinya dalam peristiwa berdarah kemarin.

Dalam kesempatan itu Erdogan juga menegaskan bahwa kelompok yang menjadi motor kudeta militer (berafiliasi dengan gerakan Fathullah Gulen) perlahan-lahan mulai melemah , menurutnya sudah ada ribuan orang pengikut Gulen yang telah ditangkap pemerintah.

Tercatat sebanyak 265 orang menjadi korban dalam kekerasan yang dilakukan militer dalam aksi kudetanya kemarin. Kudeta itu sendiri berhasil digagalkan dalam tempo 15 jam. Upaya kudeta ini pertama kali terjadi pada hari Jumat, pukul 22.00 waktu Turki dan berhasil digagalkan pada hari Sabtu pukul 13.00 waktu setempat. (msy/dakwatuna)

Redaktur: Muh. Syarief

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Wakil Direktur Studi Informasi Alam Islami (SINAI) Mesir 2008

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization