Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Inilah Pesawat Syariah Pertama di Dunia

Inilah Pesawat Syariah Pertama di Dunia

Pesawat Syariah
Crew Kabin Rayani Airlines, Malaysia. (independent.co.uk)

dakwatuna.com – Kuala Lumpur.  Rayani Airlines menjadi maskapai penerbangan murah yang baru sekaligus pesawat dengan hukum syariah pertama dunia. Seperti diberitakan the Independent dan dilansir republika.co.id, Selasa (22/12/15), Direktur maskapai Jaafar Zamhari mengatakan, pihaknya tetap akan berpedoman oleh otoritas yang relevan.

Para awak kabin perempuan muslim diwajibkan menggunakan jilbab sementara non muslim harus memakai seragam yang ‘layak’. Doa akan dibacakan sebelum keberangkatan setiap penerbangan, sementara alkohol dilarang dalam pesawat tersebut. Setiap makanan dan minuman yang disediakan adalah halal.

Saat ini, maskaapai tersebut hanya menyediakan penerbangan domestik. Namun memiliki rencana untuk memperluas jaringan internasional pada tahun depan.

Sementara itu, Direktur pelaksana Rayani Air, Jaafar Zamhari kepada harian Star mengatakan, “Kami adalah maskapai Malaysia pertama yang berbasis syariah, sesuai arahan otoritas yang berwenang. Kami bangga karenanya.”

“Aspek syariah akan disempurnakan seiring waktu,” kata dia, seperti dikutip Liputan6.com dari Daily Mail, Selasa (22/12/15).

Rayani Air sejauh ini baru melayani penerbangan dari Kuala Lumpur ke Kota Bahru, dan Langkawi. Juga ke Kuching dan Kota Kinabalu, menggunakan dua pesawat Boeing 737-400.

Ada sejumlah maskapai penerbangan dunia yang juga menerapkan prinsip dalam syariah. Misalnya dari Arab Saudi.

Sementara, maskapai pelat merah Arab Saudi tak menyediakan minuman beralkohol dan melarang siapa pun membawanya ke dalam kabin.

Sementara, maskapai Firnas Airways yang berbasis di Inggris berencana menawarkan penerbangan serupa tahun depan. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Komunitas Muslim Jerman Minta Aparat Jaga Seluruh Masjid

Figure
Organization