Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Penyelesaian Tragedi Tembak Jatuh Pesawat Malaysia di Ukraina

Penyelesaian Tragedi Tembak Jatuh Pesawat Malaysia di Ukraina

Solidaritas untuk MH17 (themalaysiainsider.com)
Solidaritas untuk MH17 (themalaysiainsider.com)

dakwatuna.com – Malaysia. Perundingan pembentukan pengadilan adhoc terhadap tragedi pesawat Malaysia Airlines MH17 yang ditembak jatuh di Ukraina tahun lalu masih berjalan di tingkat Tim Investigasi Bersama (Join Investigation Team/JIT) MH17, sebagaimana diberitakan The Malaysia Insider (18/11/2015).

Hal tersebut disampaikan Wakil Menlu Malaysia, Datuk Seri Reezal Merican Naina Merican , di hadapan Parlemen Malaysia, menyebutkan adanya usulan penyelenggaraan pengadilan di Belanda, atau di negara-negara anggota JIT. Menurutnya, Malaysia memainkan peran penting dan bekerja serius membantu tim investigasi yang diketuai Belanda tersebut.

Pada Desember 2014 lalu, Malaysia membentuk Tim Investigasi Bersama MH17, yang juga beranggotakan Belanda, Australia, Belgia dan Ukraina. Pesawat Boeing 777 itu ditembak jatuh pada 17 Juli 2014 dalam penerbangan dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur, menyebabkan 298 penumpang tewas, termasuk 43 orang warga Malaysia.

Di sisi lain, dalam kesempatan itu Wamenlu Reezal juga ditanya mengenai Perkumpulan 8 Negara Islam Berkembang (D8), disebutkan bahwa Malaysia akan dipilih memegang jabatan Sekjen D8 pada 2017 hingga 2020. D8 beranggota 8 negara Islam membangun yaitu Bangladesh, Mesir, Indonesia, Iran, Malaysia, Nigeria, Pakistan, dan Turki. (rem/dakwatuna)

Sumber: The Malaysia Insider

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization