Topic
Home / Berita / Daerah / Ahmad, Balita 51 bulan Kini Terbebas Dari Gizi Buruk

Ahmad, Balita 51 bulan Kini Terbebas Dari Gizi Buruk

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Balita Ahmad saat mendapat penanganan dokter. (Ande/kis/pkpu)
Balita Ahmad saat mendapat penanganan dokter. (Ande/kis/pkpu)

dakwatuna.com – Tangerang.  Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU melalui program Pusat Pemulihan Gizi (PPG) melakukan pendampingan rawat jalan kepada balita gizi buruk di Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang. Selasa (17/03/2015)

Ahmad Abdullah (Ahmad) yang saat ini berusia 51 bulan merupakan salah satu balita yang diintervensi untuk program perbaikan gizi. Selain itu, Ahmad juga didiagnosa menderita penyakit cerebral palsy yang menyebabkan ia belum bisa duduk dan berjalan hingga saat ini. Dengan kondisi hanya bisa terbaring, tangan dan kaki kaku, sulit digerakkan.

Menurut penuturan Sutinah, Ibu dari Ahmad, pada awal lahir kondisi anaknya dalam kondisi baik-baik saja. Hingga ketika usia 3 bulan, badan Ahmad panas tinggi dan tiba-tiba saja tubuhnya menjadi kaku. Saat itu, karena kurangnya pengetahuan dari orang tua mengenai kondisi sang anak sehingga tidak segera membawa anaknya ke rumah sakit, maklum kedua orang tua Ahmad hanya lulusan SD.

Sutinah hanya bisa pasrah dengan kondisi anaknya. Dia  mengaku bingung harus melakukan apa,  sedangkan suaminya hanya bekerja sebagai buruh pabrik dengan penghasilan Rp.300.000 per minggunya.

Saat awal ditemukan oleh tim PKPU berat Ahmad hanya 8.5 kg pada Januari 2015 saat digelar operasi timbang pada balita. Kehadiran PKPU memberi harapan baru bagi keluarga Sutinah dan Sadeli (Orang tua Ahmad) untuk menyembuhkan anaknya.

Awal bulan Maret PKPU membawa Ahmad ke dokter spesialis anak, Berdasarkan hasil cek darah, rontgent thorax dan mantoux test, Ahmad dinyatakan positif (TB) paru-paru dan harus menjani pengobatan rutin selama 6 bulan.

Selain itu, Ahmad juga disarankan menjalani fisioterapi untuk merangsang perkembangan motoriknya, agar bisa duduk dan berjalan.

Ahmad juga mendapatkan makanan tambahan berupa susu serta vitamin. Kini, berat badan Ahmad mulai naik, sejak dilakukan intervensi perbaikan gizi oleh PKPU berat badan Ahmad meningkat menjadi 9,5 Kg (naik 1 kg sebelum dilakukan intervensi), obat TB mulai diminum dan fisioterapi pun mulai dilaksanakan. Tim PKPU pun berharap kondisi Ahmad bisa segera pulih seperti kondisi anak-anak seusianya.

Program PPG sendiri merupakan kegiatan rehabilitasi balita gizi buruk di Kecamatan Teluk Naga Kabupaten Tangerang. Kegiatan yg dilaksanakan antara lain penjaringan balita gizi buruk melalui operasi timbang, pendampingan rawat jalan balita dan pemantauan balita gizi buruk. Diharapkan kegiatan ini dapat mengurangi kejadian gizi buruk di Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang – Banten. (Ande/kis/pkpu/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

(Video) Petugas Refleks Selamatkan Seorang Balita dari Tergelincir ke Bawah Kereta Api

Figure
Organization