Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Jika Teluk Bisa Berkoalisi dengan Turki, Laju Pengaruh Iran Akan Terhenti

Jika Teluk Bisa Berkoalisi dengan Turki, Laju Pengaruh Iran Akan Terhenti

Presiden Recep Tayyip Erdogan dan Raja Salman. (islammemo)
Presiden Recep Tayyip Erdogan dan Raja Salman. (islammemo)

dakwatuna.com – Ankara. Jurnalis Arab Saudi, Abdurrahman Al-Rashid, mengatakan bahwa sebagian besar konflik antara negara-negara Teluk dan Turki adalah hal yang tidak prinsipil. Turki juga mempunyai potensi sangat besar dalam menghadirkan keseimbangan di Timur Tengah antara kekuatan negara-negara Arab dan kekuatan Iran.

Dalam artikelnya, di Aawsat.com, Rabu (25/2/2015) kemarin, Al-Rashid mengatakan, “Kita lihat Turki sangat kuat pengaruhnya di kawasan. Turki akan sangat berperan dalam menghadirkan keseimbangan kekuatan antara Arab Timur Tengah dan Iran beserta negara-negara loyalisnya. Turki juga akan sangat berperan dalam membuat perubahan di Suriah saat ini. Oleh karena itu, berkoalisi dengan sangat penting.”

Menurut Al-Rashid, terdapat banyak kepentingan yang sama antara negara-negara Teluk, Mesir, Yordania, dan Turki. Namun untuk bisa mengoptimalkan kerjasama, politik Turki harus bebas dari konflik-konflik kecil. Koalisi 9 negara ini dipastikan bisa menghentikan laju pengaruh Iran, dan menekan Barat untuk turut mendukung perjuangan rakyat Palestina. (msa/dakwatuna)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Di Hadapan Ivanka Trump, Tun Mahathir Kecam Keras Amerika Serikat

Figure
Organization