Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Zionisme Picu Perseteruan Turki dan Israel

Zionisme Picu Perseteruan Turki dan Israel

PM Turki, Erdogan (FP)
PM Turki, Erdogan (FP)

dakwatuna.com – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu kembali berseteru dengan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan. Kali ini, perseteruan itu muncul akibat pernyataan Erdogan mengenai gerakan Zionisme di Israel.

“Sebagaimana Zionisme, anti-Semitisme dan fasisme, hal itu membuat kita tidak memandang Islamofobia menjadi tindak kejahatan atas kemanusiaan,” ujar Erdogan dalam pidatonya di Forum Global ke-5 Aliansi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), seperti dikutip Reuters, Jumat (1/3/2013).

Netanyahu langsung mengecam pernyataan itu dan menuduh Erdogan mengutarakan ucapan palsu karena menyebut Zionisme sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan. Kepala pemerintahan Negeri Yahudi itu berpendapat, Erdogan enggan memperbaiki hubungan bilateral dengan Israel.

“Ucapan yang gelap dan palsu ini kami kira sudah berlalu dalam sejarah,” ujar Netanyahu.

Kepala rabbi di Moskow Pinchas Goldschmidt ikut mengkritisi ucapan Erdogan. Menurut Goldschmidt, Erdogan mengutarakan pernyataan anti-Semit yang menyerang warga Yahudi. Goldschmidt pun menyinggung insiden genosida Armenia dan menyalahkan Turki atas peristiwa itu.

Seperti diketahui, hubungan Israel dan Turki rusak usai Israel melakukan serangan ke kapal relawan Turki pada 2010 lalu. Perseteruan itu kian memuncak pada 2011, Turki akhirnya memutus segala hubungan kerja samanya dengan Israel dan tak henti-hentinya menyerang Israel secara verbal.

Meski demikian, kedua negara itu masih menjalin kerja sama di bidang keamanan. Selain pernah melakukan ekstradisi seorang kriminal pada tahun ini, Turki juga sempat dikabarkan membeli perlengkapan militer dari Israel. (AUL/okezone)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 9.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Palestina Tolak Rekonsiliasi Tanpa Kemerdekaan

Figure
Organization