Topic
Home / Berita / Nasional / Jangan-jangan Ada Skenario Asing di Kasus Sampang?

Jangan-jangan Ada Skenario Asing di Kasus Sampang?

Anggota DPR RI, Nasir Djamil. (matanews)

dakwatuna.com – Jakarta. Kasus kekerasan terjadi di Sampang, Madura, Minggu (26/8). Wakil Ketua Komisi III DPR RI dari Fraksi PKS Nasir Djamil, menilai jangan-jangan ada skenario asing atas kekerasan yang terjadi antar warga dan kelompok minoritas Syiah di Sampang.

“(Kekerasan di Sampang) bisa jadi jangan-jangan ada skenario asing yang ingin mengacaukan situasi keberagamaan di Indonesia,” kata Wakil Ketua Komisi III DPR dari FPKS, Nasir Djamil, kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (27/8/2012).

Menurutnya, tragedi itu juga menunjukkan tidak adanya keberpihakan pemerintah daerah terhadap masyarakat minoritas. Dia menilai polisi gagal dalam melindungi warganya.

“Menurut saya polisi gagal dalam melindungi warga minoritas di Sampang. Kita berharap kapolri bisa memberi tindakan tegas kepada kepolisian disana karena mengabaikan kejadiaan sebelumnya,” tutur Nasir.

Ia menjelaskan, kalau saja polisi bisa mengajak tokoh masyarakat, pemuka agama dan pihak berwajib lainnya di sana untuk berunding, maka kekerasan itu mungkin tidak akan terjadi.

“Sejak lama kami juga sudah meminta intelejen untuk mereform, karena selama ini intelejen hanya merekam dan menyimpan informasi, tidak ditindaklanjuti. Nah sekarang seperti kebakaran jenggot,” ucapnya.

Sebagai upaya tindaklanjut, ia dan beberapa anggota DPR memastikan akan meninjau langsung kondisi di sampang pasca bentrok kemarin. Soal waktu masih perlu dibicarakan dengan anggota komisi III lain.

“Kami sudah merencanakan untuk turun ke lapangan, karena mereka pernah datang ke komisi III. Mudah-mudahan waktu dekat ini komisi III bisa kesana untuk berbicara dengan tokoh agama, dan masyarakat di sana,” kata Nasir. (iqb/mpr/detikcom/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 10.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Polisi Prancis Serbu Pusat Syiah di Prancis Utara

Figure
Organization