Topic Archives: Kasus Sampang

Pernyataan Sikap PP Pemuda PUI Terkait Kasus Sampang: Hukum Berat Provokator

Baru usai umat Islam seluruh dunia menjalankan puasa ramadhan dan merayakan `Idul Fithri. Makna kemenangan kembali suci dari dosa dan fahsya. Laksana anak yang terlahir dari rahim ibunya, suci tidak bernoda. Tapi kesucian itu kembali ternoda oleh kasus rusuh Sampang. Suni-Syi`ah kembali berperang. Korban orang-orang yang tidak berdosa pun berjatuhan. Darah kembali berceceran. Saudara tega membunuh saudara sendiri karena perbedaan. Dua orang meregang nyawa dan puluhan orang mengungsi.

Baca selengkapnya »

MER-C Tidak Pernah Keluarkan Penyataan “Pengusaha Jakarta Suplai Logistik Serangan di Sampang”

Terkait pemberitaan yang muncul di sejumlah media online yang berisi seorang aktifis MER-C menyatakan bahwa "Pengusaha Jakarta Suplai Logistik Serangan di Sampang", maka sebagai sebuah lembaga sosial yang berfokus pada bidang medis yang memegang prinsip netralitas, kami membantah pernah mengeluarkan pernyataan seperti itu dan merasa perlu segera memberikan klarifikasi kepada masyarakat mengenai hal ini.

Baca selengkapnya »

NU Desak Pemerintah Bentuk TPF Independen untuk Kasus Sampang

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengutuk kekerasan terhadap kelompok Syiah di Desa Nangkerenang Kecamatan Omben Sampang, Madura, Jawa Timur, Minggu (26/8) oleh sekelompok warga. Karena itu, Wakil Ketua PBNU Slamet Effendy Yusuf mendesak aparat keamanan menindak tegas para pelaku dengan menggandeng tokoh masyarakat setempat, agar anarkisme itu tidak terulang lagi.

Baca selengkapnya »

Presiden Nilai Kejadian Sampang Coreng Kerukunan

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyesalkan peristiwa penyerangan terhadap kelompok Islam Syiah di Sampang, Jawa Timur, dan menyatakan kejadian itu telah mencoreng kerukunan dan ketenteraman masyarakat. "Kejadian ini sungguh kita sesalkan dan terus terang mencoreng kerukunan dan ketenteraman dalam kehidupan masyarakat kita utamanya masyarakat di wilayah Sampang itu," kata Presiden Yudhoyono di Kantor Presiden Jakarta, Senin (27/8).

Baca selengkapnya »

Jangan-jangan Ada Skenario Asing di Kasus Sampang?

Kasus kekerasan terjadi di Sampang, Madura, Minggu (26/8). Wakil Ketua Komisi III DPR RI dari Fraksi PKS Nasir Djamil, menilai jangan-jangan ada skenario asing atas kekerasan yang terjadi antar warga dan kelompok minoritas Syiah di Sampang. "(Kekerasan di Sampang) bisa jadi jangan-jangan ada skenario asing yang ingin mengacaukan situasi keberagamaan di Indonesia," kata Wakil Ketua Komisi III DPR dari FPKS, Nasir Djamil, kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (27/8/2012).

Baca selengkapnya »
Organization