Home / Berita / Internasional / Asia / Ini Alasan TPF PBB Sebut Israel Pembunuh Aktivis Mavi Marmara

Ini Alasan TPF PBB Sebut Israel Pembunuh Aktivis Mavi Marmara

dakwatuna.com – New York. Israel bersikeras bahwa mereka bertindak sesuai dengan hukum internasional. Alasannya, mereka memiliki hak untuk membalas terhadap kapal yang berusaha untuk melanggar blokade dari Jalur Gaza.

Namun Tim Pencari Fakta Perserikatan Bangsa-Bangsa bersikeras apa yang dilakukan Israel di atas kapal armada bantuan kemanusiaan Mavi Marmara adalah “pembunuhan disengaja”.

TPF PBB mempunyai alasan untuk menyatakan hal ini. Mereka menyebut blokade Gaza, yang kerap dijadikan alasan Israel untuk melarang siapapun masuk ke sana.

“Untuk alasan ini saja, blokade merupakan pelanggaran hukum dan tidak dapat dipertahankan dalam hukum. Hal ini agar terlepas dari dasar yang dicari untuk membenarkan legalitas blokade,” kata laporan yang akan diajukan ke dewan hak pada hari Senin.

Saat berada di atas kapal, tentara Israel terbukti melepaskan tembakan secara membabi-buta. Dikatakan dalam laporan mereka, “Aktivis yang bahkan mereka tidak berusaha untuk menghentikan tentara Israel dari naik kapal bantuan pun menerima luka, termasuk luka fatal.”

“Hal ini jelas bahwa tidak ada upaya dilakukan untuk meminimalkan cidera dan bahwa penggunaan senjata dilakukan secara ekstensif dan sewenang-wenang,” kata penyelidikan.

TPF juga menyimpulan atas kondisi yang apa pada enam korban tewas dalam insiden ini. “Setidaknya mereka tewas dengan cara yang konsisten sebagai bentuk sewenang-wenang dan eksekusi,” katanya.

“Merangsek masuknya personel militer Israel dan lainnya terhadap armada itu menunjukkan tingkat kekerasan yang sama sekali tidak perlu dan luar biasa,” kata mereka. (Siwi Tri Puji B/AP/Reuters/RoL)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (15 votes, average: 10,00 out of 5)
Loading...
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Netanyahu: Saya Ingin Ada Hubungan Baik antara Israel dan Indonesia