Topic Archives: Birrul Walidain

Birrul Walidain (Berbakti Kepada Orang Tua)

Hingga berbakti kepada orangtua bukanlah sebuah hubungan sebab akibat. Bukan karena ibu dan ayah tidak memperhatikan kita sehingga kita tidak mau mendo’akannya. Namun, berbakti kepada orangtua adalah sebuah kewajiban sebagai seorang muslim. Jadi, ketika kita menemui seorang anak atau seseorang yang tidak mau mendoakan kedua orangtuanya karena sesuatu alasan, sebagai seorang muslim tugas kita adalah menasehatinya dalam kebenaran, meluruskannya dalam kebenaran. “Kecuali orang yang beriman dan orang-orang yang yang mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat dan menasehati supaya menetapi kesabaran.”(QS.Al-‘Asr:3)

Baca selengkapnya »

Benarkah Hati ini Mencintainya?

Kini, mari kita tanyakan pada hati kita. Benarkah kita mencintai ayah dan ibu kita? Kita ingat kembali apa yang telah kita lakukan selama ini. Jangan-jangan cinta kita itu hanyalah cinta semu yang penuh dengan kedustaan. Jangan-jangan selama ini kita justru mencelakakan masa depan ayah dan ibu kita kelak di akhirat. Jangan-jangan kita tak adil membalas cinta ayah dan ibu kita selama ini.

Baca selengkapnya »

Pintu Surga Paling Tengah adalah Mereka

Maka kelak, ada saatnya kita harus kembali. Berada di samping mereka. Memberikan apa yang bisa kita beri. Mempersembahkan apa yang bisa kita persembahkan. Yang terbaik. Karena kita yakin, pintu surga paling tengah adalah mereka. Maka jangan sia-siakan. Raihlah dan jagalah. Orang tua, ialah kata yang paling menggetarkan hati setiap anak.

Baca selengkapnya »

Ladang Amal Birrul Walidain

Ilustrasi. (Foto: rawmavy.deviantart.com)

Suatu hari, ‘Abdullah Bin Mas’ud bertanya kepada Rasulullah, “Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling utama?” Rasulullah menjawab, “Shalat tepat pada waktunya.” Kemudian ia kembali bertanya, “Lalu apa lagi?” Rasulullah menjawab, “Berbakti kepada orang tua.” Kemudian ia kembali bertanya, “Lalu apa lagi?” Rasulullah Shallallahu ’alaihi Wasallam menjawab, “Berjihad di jalan Allah.”. (Muttafaq ‘Alaih)

Baca selengkapnya »

Anak Kecil pun Bisa Menjadi Guru

Mari kita belajar tentang kebaikan yang ada di diri bocah penjual koran itu. Mari kita buang semua rasa ‘’berat’’ untuk berbuat baik kepada orang tua kita. Mari kita coba berani menerjang kerasnya dunia. Semoga dengan berkaca diri dengan anak kecil itu, dapat membuang semua rasa malas malu dan malas yang membelenggu kita.

Baca selengkapnya »

Orang Tua, Ladang Amalan Terbaik Kita

Amalan ini juga menjadi dasar sebab keberhasilan dan kesuksesan seseorang dalam kehidupan dunia dan akhiratnya. Karena adanya faktor doa orang tua yang terijabah oleh Allah SWT. Adalah kisah kehidupan ulama hadits terkenal, Imam Bukhari yang terlahir buta di kedua matanya. Namun berkat doa yang dipanjatkan tiada henti oleh ibunya, menyebabkan pulihnya penglihatan mata sang ahli hadits tersebut.

Baca selengkapnya »