Figure Archives: Muhammad SAW

Jadilah Guru yang Berkarakter

Di sinilah urgensi melahirkan guru-guru berkualitas, guru yang mampu membangkitkan semangat besar dalam diri anak untuk menjadi aktor perubahan peradaban dunia dan guru yang mampu menjadi uswah bagi para muridnya. Karena sekali lagi bahwa tujuan pendidikan bukan hanya sekedar cerdas intelektualnya tapi jauh lebih penting dari itu, yakni perubahan perilaku yang baik. Berikut ini 11 karakteristik yang seharusnya dimiliki oleh guru:

Baca selengkapnya »

Tetap Menolak!

Berbagai teori yang diungkapkan untuk melegalkan perilaku homoseksual sebenarnya hanyalah upaya mencari pembenaran atas perilaku buruk yang mereka lakukan. Mereka yang tak dapat menghindari buruknya perilaku itu maupun sudah menaruh hati kepada para pelaku homoseks tidak tega bila dikatakan homoseksual adalah perilaku yang menyimpang. Dibuatlah berbagai pembenaran, salah satunya melalui jalur para ilmuan.

Baca selengkapnya »

Pengentasan Buta Huruf Al-Quran Berbasis Dasawisma

Dasawisma adalah kelompok ibu-ibu yang berasal dari 10 (sepuluh) Kepala Keluarga (KK)/rumah yang bertetangga atau berdekatan. Dasawisma merupakan ujung tombak bagi berbagai pelaksanaan kegiatan kemasyarakatan. Terutama berperan sebagai mitra aktif pemerintah dalam mensukseskan 10 (sepuluh) program pokok PKK. Di samping itu, kedudukan dan fungsi Dasawisma sebagai “komunitas” masyarakat pada lapisan bawah dapat dikemukakan sebagai berikut :

Baca selengkapnya »

Dana Zakat dan Peran Pemberdayaan

Ketiga, bidang kesehatan dimana pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional. Pada tahun 1948, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyepakati bahwa diperolehnya derajat kesehatan yang setinggi-tingginya adalah hak fundamental bagi setiap orang tanpa membedakan ras, agama, politik yang dianut dan tingkat sosial ekonominya. Perubahan pemahaman konsep sehat dan sakit beserta makin majunya ilmu pengetahuan dan teknologi telah menggugurkan peradigma kesehatan lama yang mengutamakan pelayanan kesehatan yang bersifat kuratif dan rehabilitative digantikan paradigme pembangunan kesehatan baru, yaitu paradigme sehat yang bersifat proaktif.

Baca selengkapnya »

Teladan Karakter 2 Sahabat dan Filosofi Buah

Perumapamaan sikap dan karakter beliau ini adalah seperti buah durian, keras diluarnya dan harum serta manis lalu nikmat untuk dimakan isinya (bagi yang suka). Sungguh karakter seperti inilah yang harus dimiliki serta ditanamkan dalam anak. Tegas dan keras dalam hal dengan maksud yang baik, dan menjadi penyayang ketika seseorang membutuhkan. Mungkin sudah banyak dari kita yang tahu bagaimana sifat serta karakter beliau melalui kisah para Amirul Mukminin, maupun dari film-film yang menjadi gambaran bagaimana sifat dan karakter beliau.

Baca selengkapnya »

Kita Sebagai Umat yang Satu (Kita Adalah Satu)

Marilah kita ridhai Allah sebagai Tuhan dengan menjauhkan diri dari ketamakan pribadi. Mari kita ridhai Islam sebagai agama kita dan berjalan di jalannya, mengikuti petunjuknya, dan menyelaraskan setiap tindakan kita dengan Islam. Mari kita ridhai Nabi Muhammad dengan mencontoh perjalanan hidupnya, mengamalkan sunnahnya, dan berjalan di bawah benderanya hinga mendapatkan pertolongan dan kebahagiaan dunia serta mendapatkan surga dan pengampunan di akhirat.

Baca selengkapnya »

Ekonomi Islam dan Islam Dalam Berekonomi

Ekonomi Islam setidaknya mengandung dua unsur: Moral economic and legal economic. Ia harus legal secara Islam dan harus mengandung nilai-nilai moral. Tidak heran Rasul pernah bersabda “Belum dikatakan beriman salah satu di antara kalian jika tetangga kalian tidak makan sementara kalian berada dalam kecukupan”. Maka ekonomi Islam bukan hanya ekonomi yang coba dicari nilai-nilai dan sistemnya dalam Islam, tetapi juga Islam dalam berekonomi.

Baca selengkapnya »
Organization