Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Tentang Makna Kata “Fitri” dalam “Idul Fitri”

Tentang Makna Kata “Fitri” dalam “Idul Fitri”

Ilustrasi. (klikdokter.com)

dakwatuna.com – Kita sering sekali menerjemahkan kata “Fitri” sebagai “Suci”. Sehingga, ada film berjudul “Cinta Fitri” atau “Cinta yang Suci”. Bahkan banyak anak perempuan yang diberi nama Fitri atau Fitriyah dengan pemahaman “anak perempuan yang suci”.

Padahal, kata fitri itu sebenarnya berarti “pecah”. Maksudnya, setelah sebulan kita menahan diri (shaum/berpuasa), di hari raya kita “pecahkan” puasa kita dengan sarapan di pagi hari. Karena itu pula, sarapan pagi (dalam bahasa Arab) disebut “futur”, atau makan pertama sebelum beraktivitas. Rasulullah SAW berkata,

للصَّائِمِ فَرْحَتَانِ ، يَفْرَحُ بِهِمَا : إِذَا أَفْطَرَ فَرِحَ بِفِطْرِهِ ، وَإِذَا لَقِيَ رَبَّهُ فَرِحَ بِصَوْمِه

“Bagi yang berpuasa ada dua kebahagiaan. Apabila berbuka, maka dia bahagia dengan buka puasanya itu, dan apabila berjumpa Tuhannya, maka dia bahagia dengan puasanya”.

Dalam bahasa Inggris, sarapan pagi disebut “break-fast” yang berarti sama: “pecahkan puasa”. Hal itu karena dalam ajaran Nabi Isa (alaihi salam) dahulu ada puasa yang ditunaikan hingga malam hari.

Memberi makan orang berpuasa pun disebut “iftaar”. Artinya, kita tuntaskan puasa seseorang dengan memberinya makanan. Semua kata itu memiliki akar kata yang sama, yaitu “f-t-r”. Zakat yang kita bayarkan sebelum shalat raya pun disebut “zakat fitr” atau “memberikan sejumlah makanan kepada fakir miskin disebabkan kita kembali sarapan setelah sebulan menahan diri.”

Jadi, ucapan Selamat Idul Fitri, kalau diterjemahkan secara harfiah berarti “Selama Hari Raya (di mana Anda) kembali sarapan pagi”.

Wallahua’lam bis shawab. (dakwatuna/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Menyelesaikan pendidikan dasar di Pondok Pesantren Attaqwa, Bekasi. Lalu melanjutkan studi ke International Islamic University, Pakistan. Kini, dosen di Fakultas Hukum Universitas Djuanda, Bogor. Email: [email protected] Salam Inayatullah Hasyim

Lihat Juga

Di Hadapan Ivanka Trump, Tun Mahathir Kecam Keras Amerika Serikat

Organization