Topic Archives: Idul Fitri

Selamat Idul Fitri 1437 H

Idul Fitri 1437 H ini menjadi berbeda dengan idul fitri tahun-tahun sebelumnya. Berbeda bukan karena musibah dan serangan teror kepada umat Islam, tapi berbeda warna dan posisi umat Islam di percaturan dunia modern ini. Rangkaian derita dan musibah serta kezhaliman yang diterima umat Islam belakangan ini mungkin terasa sangat menyesakkan dada buat mereka yang masih peduli dengan saudaranya.

Baca selengkapnya »

Menghidupkan Sunnah Dalam Berhari Raya

Seorang muslim harus menghidupkan sunnah dalam berhari raya. Dengan mengikuti sunnah dalam berhari raya dan mengisi bulan Syawal maka bekas-bekas Ramadhan masih melekat kuat dalam diri kita. Jangan sampai, ketika kita berpisah dengan Ramadhan maka berpisah juga dengan amalan Ramadhan seperti pemandangan selama ini. Untuk itu butuh itikad dan usaha kuat dalam rangka mempertahankan amalan Ramadhan bahkan justru semakin meningkat sesuai dengan makna Syawal tersebut.

Baca selengkapnya »

Inspirasi Idul Fitri

Setidaknya ada tiga inspirasi penting agar Idul Fitri atau hari Lebaran menjadi lebih bermakna bagi keluarga kita. Pertama, pembiasaan mengucapkan syukur atas nikmat yang begitu banyak selama Ramadhan sehingga kita mampu mengoptimalkan level aktivasi ibadah kita. Kedua, memperbanyak istigfar dan dzikir. Ketiga, menjalankan silaturahim yang meaningful.

Baca selengkapnya »

Khutbah Idul Fitri 1437 H: Tiga Pelajaran Pada Momentum Idul Fitri

Ayub tersenyum, dan berkata, “Akulah orang yang engkau maksudkan itu”. Setelah itu, Allah membalas kesabaran Ayub dan istrinya dengan memberi keturunan, harta dan kesuksesan. Ibnu Abbas mengatakan, “kesabaran Ayub dan istrinya adalah teladan utama dalam menghadapi ujian Allah. Karena itu, keduanya mendapat kehormatan dengan diberikan anak-anak sebanyak dua puluh tujuh orang”.

Baca selengkapnya »

1 Syawal di Kampung Halaman Orang Lain

Ilustrasi(inet)

Pengalaman hari raya di kampung halaman orang lain menjadi salah satu pengalaman yang sangat menarik bagiku. Adat istiadat, kebiasaan serta pola silahturahim yang berbeda yang pernah aku rasakan di kampung halamanku sendiri. Setelah shalat ied, kebiasaan penduduk di desa Kutakarang ini, langsung berkumpul dengan orang tua mereka masing – masing. Jika berada di kampung yang jauh dari rumah orang tua, maka mereka segera menuju kampung orang tua mereka berada, karena penduduk di sini, rata – rata berdomisili di kampung sebelah. Dalam artian tak jauh dari kampung orang tuanya, atau boleh dikatakan masih dalam satu kawasan desa.

Baca selengkapnya »

Berhari Raya dan Berpuasa Bersama Pemerintah dan Mayoritas Manusia

“Puasa itu adalah di hari kalian (umat Islam) berpuasa, hari raya adalah pada saat kalian berhari raya, dan berkurban/ Idul Adha di hari kalian berkurban.” (HR. At Tirmidzi no. 697, Ibnu Majah No. 1660, Ad Dailami No. 3819, Ad Daruquthni 2/164, Musnad Asy Syafi’i No. 315, Imam At tirmidzi mengatakan: hasan gharib. Syaikh Al Albani menshahihkan dalam Ash Shahihah No. 224)

Baca selengkapnya »

Lebaran di Rantau

Pilu menghinggapi hingga menelusuk sukma, Bergelayut mesra bersama asa untuk berkumpul, Rindu ini belum terobati, Karena banyaknya jeruji yang membentengi, Hingga ku tak mampu menembusnya apalagi menghancurkannya, Jeruji yang dilapisi lapisan baja-baja yang bertopangkan keramik dan besi-besi kokoh.

Baca selengkapnya »